Kemendagri: Netralisasi ASN Dukung Kesuksesan Pemilu 2024

Kamis, 23 November 2023 - 12:42 WIB
loading...
Kemendagri: Netralisasi ASN Dukung Kesuksesan Pemilu 2024
Plh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Togap Simangunsong. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar webinar bertema Netralisasi ASN Dalam Rangka Mendukung Sukses Pemilu Tahun 2024, Rabu (22/11/2023). Melalui webinar ini diharapkan para peserta memahami peran dan posisi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjaga netralitas selama tahapan persiapan hingga pelaksanaan Pemilu.

Webinar yang dimoderatori oleh Koordinator Fungsi Statistik Politik dan Keamanan Badan Pusat Statistik (BPS) Nona Iriana itu diikuti kurang lebih 600 peserta yang bergabung secara online. Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dalam upaya menginformasikan kepada masyarakat secara luas dan transparansi, untuk menyajikan dialog publik yang informatif dan interaktif.

Analis Kebijakan Ahli Madya Pada Subdirektorat Fasilitasi Lembaga Pemerintahan dan Perwakilan Direktorat Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, Danang Binuko menjelaskan, webinar dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pencerahan dan pemahaman terkait netralitas ASN dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024.



"Webinar ini diharapkan dapat membekali para peserta dengan wawasan yang lebih mendalam untuk memastikan netralitas ASN dalam Pemilu 2024. Kesadaran akan pentingnya netralitas ASN dalam proses demokrasi adalah langkah krusial menuju pelaksanaan pemilu yang adil dan transparan pada tahun 2024," kata Danang dalam keterangan tertulis, Kamis (23/11/2023).

Plh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Togap Simangunsong yang hadir secara online memberikan arahan terkait netralitas ASN dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Webinar ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh ASN memahami larangan berpolitik praktis atau memihak kepada pasangan calon tertentu, sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Para peserta diajak bersama-sama memahami peran dan posisi ASN dalam menjaga netralitas selama tahapan persiapan hingga pelaksanaan Pemilu," katanya.

Dengan kolaborasi dan pemahaman yang baik, diharapkan para ASN dapat menghindari pengaruh dan godaan yang mungkin muncul selama proses Pemilu, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan.

Togap Simangunsong mengucapkan selamat kepada para peserta webinar atas kesempatan mendapatkan informasi berharga dari para narasumber yang ahli di bidangnya. Ia berharap partisipasi para peserta webinar akan menghasilkan efek positif dan diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan yang menjamin netralitas ASN selama proses Pemilu 2024.

"Dengan demikian, kolaborasi dan pemahaman yang kuat diharapkan dapat menjadi pondasi untuk mendukung pelaksanaan Pemilu dengan sukses dan menjaga integritas serta netralitas ASN di seluruh Indonesia," kata Togap.

Untuk diketahui, webinar menghadir narasumber Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasa, Kode Etik, Kode Perilaku dan Netralitas ASN Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Maria Ivonne Tarigan. Ia membawakan materi tentang Strategi KASN dalam Mendorong Instansi Pemerintah untuk Menjaga Netralitas ASN.

Narasumber lainnya adalah Kepala Biro Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Setjen Bawaslu Harimurti Wicaksono.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5243 seconds (0.1#10.140)