Israel-Hamas Gencatan Senjata, Kemlu: Peluang Akhiri Konflik secara Permanen

Kamis, 23 November 2023 - 08:33 WIB
loading...
Israel-Hamas Gencatan Senjata, Kemlu: Peluang Akhiri Konflik secara Permanen
Pemerintah Indonesia menyambut positif kesepakatan jeda kemanusiaan sementara antara Israel dan Hamas di Gaza, Palestina. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia menyambut positif kesepakatan jeda kemanusiaan sementara antara Israel dan Hamas di Gaza, Palestina . Diketahui gencatan senjata itu, diumumkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu seusai menggelar rapat kabinet darurat pada Rabu, 22 November 2023.

"Indonesia menyambut positif dicapainya kesepakatan jeda kemanusiaan sementara di Gaza,"dikutip dari akun X atau Twitternya Kemlu_RI, Kamis (23/11/2023).

Indonesia secara konsisten menyerukan pentingnya penghentian kekerasan secara berkelanjutan. Hal ini guna membuka akses bagi bantuan kemanusiaan secara luas ke Gaza, termasuk bantuan dari pemerintah dan rakyat Indonesia.



"Kesepakatan tersebut juga diharapkan akan membuka peluang bagi pengakhiran konflik secara permanen serta dimulainya pembahasan yang serius bagi perdamaian yang menyeluruh dan adil,"katanya.

Selain itu, Indonesia turut menyampaikan apresiasi terhadap upaya mediasi yang diprakarsai oleh Qatar, berkoordinasi dengan Mesir dan Amerika Serikat. Pada jeda kemanusiaan itu, Kemlu RI terus melakukan monitor terhadap kondisi 3 WNI yang menjadi relawan di RS Indonesia, Gaza Palestina.

"Selama jeda kemanusiaan tersebut, Kemlu akan terus memonitor kondisi 3 WNI yang bekerja di RS Indonesia di Gaza,"tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1879 seconds (0.1#10.140)