Terpilih Jadi Panglima TNI, Agus Subiyanto Bocorkan Sosok KSAD Baru

Rabu, 22 November 2023 - 06:06 WIB
loading...
Terpilih Jadi Panglima TNI, Agus Subiyanto Bocorkan Sosok KSAD Baru
Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan bocoran sosok penggantinya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Sosok KSAD akan diisi oleh prajurit berpangkat bintang tiga yang memiliki jabatan strategis.

"Jadi kalau KSAD itu calonnya ya bintang 3 yang memiliki jabatan strategis," ungkap Agus di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

Agus mengatakan, jabatan di lembaga militer telah diatur ketat oleh sistem strata. Ia mencontohkan, jabatan Pangdam tak bisa dijabat oleh prajurit bintang satu.

"Jadi stratanya kalau di militer itu kelihatan, kalau misalnya mau jadi Pangdam itu siapa, enggak mungkin dari bintang 1 Pangdam. Itu baru melalui jabatan bintang 2 yang promosi gitu kan. Begitu," urainya.

"Menjadi wakasad juga begitu, bintang 2 yang elijibel. Itu dari Pangdam biasanya. Tinggal orang yang menonjol, yang berprestasi," tambah Agus.



Sistem strata itu, menurut Agus, berlaku juga dijabatan KSAD. Ia pun mempersilakan publik untuk menerka-nerka sosok baru yang akan menjabat sebagai KSAD.

"Kemudian juga KSAD seperti itu. Mungkin kita bisa menerka-nerka. Berprestasi, dan elijibel. Enggak mungkin dari bintang 2," terang Agus.

Sekadar informasi, DPR memberikan persetujuan terhadap nama Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Persetujuan itu didapat dalam forum Rapat Paripurna DPR ke-9 Masa Persidangan II tahun sidang 2023-2024 yang digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono pada Rabu (22/11/2023) besok. Hal tersebut dikatakan langsung Agus usai disahkan DPR menjadi orang nomor satu di TNI.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)