Warga Biak Numfor Papua Serbu Kegiatan Bakti Sosial TNI AL

Selasa, 21 November 2023 - 20:17 WIB
loading...
Warga Biak Numfor Papua Serbu Kegiatan Bakti Sosial TNI AL
Kegiatan bakti sosial yang digelar TNI AL mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Kabupaten Biak Numfor Papua. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Kegiatan bakti sosial yang digelar TNI Angkatan Laut (AL) mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Kabupaten Biak Numfor Papua.

Mereka berbondong-bondong mendatangi Kapal Bantu Rumah Sakit Angkatan Laut KRI dr. Wahidin Sudiro Husodo (WSH) -991 yang bersandar di Pelabuhan Umum Biak Numfor Papua untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kegiatan bakti sosial yang berlangsung bertepatan dengan acara “Sail Teluk Cenderawasih 2023” ini diadakan selama dua hari mulai Senin-Selasa, 20 dan 21 November 2023.



Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludy Prastyono mengatakan, pada hari pertama kegiatan, TNI AL berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Tercatat sebanyak 464 warga mengikuti kegiatan tersebut. Rinciannya, 300 orang mengikuti penyuluhan stunting; 100 orang mendapat pelayanan Keluarga Berencana (KB) implan.



"Sedangkan, 3 orang mendapat pelayanan metode KB Metode Operasi Wanita (MOW) dan 1 orang KB Metode Operasi Pria (MOP)," ujarnya, Selasa (21/11/2023).

Sedangkan di hari kedua, kata Ludy, tercatat 593 warga yang mendatangi KRI WSH-991. Rinciannya, sebanyak 410 orang mendapatkan pengobatan umum, pengobatan gigi 65 orang, khitan atau sunat 57 orang.

"Operasi minor 4 orang, operasi katarak 40 orang, operasi pterygium mata 3 orang, operasi tonsilektomi atau amandel 2 orang, operasi bibir sumbing sebanyak 12 orang," paparnya.

Dalam bakti sosial kesehatan ini TNI AL bekerja sama dengan Yayasan Smile Train untuk operasi bibir sumbing. Sedangkan untuk operasi katarak bekerja sama dengan Yayasan Sidomuncul dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami). "TNI AL mengerahkan 99 tenaga medis dalam misi kemanusiaan ini," ujarnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, acara ini juga diwarnai dengan penyerahan 5.000 paket sembako kepada masyarakat yang merupakan hasil kerja sama dengan Baznas RI, HW Peduli,Bank BNI, PT Pelindo, dan Yayasan Budha Tzu Chi.

"Selain itu, sebanyak 80 ibu-ibu dari Jalasenastri AL, Persit Kartika Chandra Kirana AD, dan PIA Ardhya Garini AU, serta Bhayangkari Polri juga menyajikan menu gizi tinggi untuk program Dapur Sehat Anti Stunting (Dahsat)," katanya
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2376 seconds (0.1#10.140)