Ganjar Pranowo Dikukuhkan sebagai Tokoh Pemerhati Orang Papua

Selasa, 21 November 2023 - 00:02 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Dikukuhkan sebagai Tokoh Pemerhati Orang Papua
Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay mengukuhkan Capres Ganjar Pranowo sebagai tokoh pemerhati orang Papua. Foto/MPI/danandya arya putra
A A A
JAKARTA - Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay mengukuhkan Calon Presiden (Capres) yang didukung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ganjar Pranowo sebagai tokoh pemerhati orang Papua. Pengukuhan dilakukan di Kampung Saukabu, Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat Daya.

"Hari ini di atas tuntunan Tuhan dan penyertaan leluhur di atas tanah ini, secara resmi, secara adat, kami kukuhkan Bapak (Ganjar) sebagai Tokoh Pemerhati Orang Papua. Secara resmi saya serahkan berita acara pengukuhan ini beserta dengan piring sebagai simbol adat kami," kata ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Mananwir Paul Finsen Mayor, Senin (20/11/2023).

Paul menerangkan, pengukuhan itu dilakukan atas bukti nyata yang dilakukan Ganjar kepada masyarakat Papua, terutama generasi mudanya. Selain itu, saat menjadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar dinilai penuh dengan kepedulian.



"Selama ini kami sudah lihat bahwa Bapak Ganjar perhatikan anak-anak generasi muda Papua yang sekolah di wilayah Bapak di Jateng memperhatikan mereka, bahkan ada yang Bapak bantu sampai menjadi dokter perempuan Papua dan itu suatu kebanggan kami," katanya.

"Asrama Papua juga bapak perhatikan, bahkan lampunya padam pun Bapak perhatikan untuk nyalakan walaupun sudah padam tiga bulan. Kemudian bahan makanan untuk mahasiswa-mahasiswa Papua," lanjut Paul.



Paul berharap, jika nanti Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024-2029, kepedulian politikus berambut putih itu terus menyala untuk masyarakat Papua. "Ini menjadi tanggung jawab Bapak ketika menjadi presiden nanti, dapat kembali dan memperhatikan kesejahteraan rakyat Papua atau masyarakat adat Papua," tandasnya.

Sementara itu, Ganjar menyampaikan ucapan terima kasih atas pengukuhan yang diterimanya. Mantan anggota DPR RI ini berkomitmen bakal terus melakukan pembangunan secara merata di seluruh Indonesia khususnya di Papua. "Papua buat saya tidak asing lagi karena kami berinteraksi cukup lama, pada saat kami di DPR berbicara tentang pemekaran," ucap Ganjar.

Ganjar juga berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan, kesehatan yang mudah, murah dan berkualitas bagi masyarakat Papua. Selain itu, Ganjar juga bakal membuat akses transportasi yang mudah bagi masyarakat Papua.

"Dan yang berada di wilayah Raja Ampat ini, pantainya indah, seninya luar biasa, potensi wisatanya dahsyat, maka sebenarnya ini adalah kelebihan, tinggal kita mesti menyiapkan anak-anak kita ini agar mendapatkan pendidikan yang baik, akses pendidikan yang gampang," tandasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)