Pecahkan Rekor MURI, Maruli Simanjuntak Cerita Bangun 825 Titik Air Bersih

Senin, 20 November 2023 - 16:51 WIB
loading...
Pecahkan Rekor MURI, Maruli Simanjuntak Cerita Bangun 825 Titik Air Bersih
Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Maruli Simanjuntak dinobatkan sebagai Bapak Air Indonesia usai meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Foto/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Maruli Simanjuntak dinobatkan sebagai Bapak Air Indonesia usai meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu memecahkan rekor sebagai insan Indonesia yang membantu pengadaan air terbanyak di Indonesia.

Pembangunan titik air bersih tersebut hingga saat ini berjumlah 825 titik air yang meliputi 489 titik pompa hidram, 289 titik sumur bor, dan 47 titik gravitasi air. Di sisi lain, program tersebut telah memberikan akses air bersih ke masyarakat dengan total penerima manfaat 191.857 kepala keluarga (KK) atau 562.602 jiwa dari Aceh hingga tanah Papua.

Menanggapi hal itu, Maruli mengatakan, dirinya justru telah melakukan inisiatif membangun air bersih sejak masih menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta. "Saya sebenarnya sudah mengerjakan ini sejak zaman Danrem. Danrem saya sudah mengerjakan air. Jadi Pangdam ketemu lagi masalah itu," ujar Maruli di Makostrad, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023).



Lambat laun, kata Maruli, programnya tersebut terus berlanjut hingga menjelma menjadi program resmi TNI Angkatan Darat yang dicanangkan oleh mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman. "Sekarang sudah jadi program Angkatan Darat, namun saya tetap mengerjakannya," paparnya.

Kendati demikian, kata Maruli, dirinya dan jajaran TNI AD terus bertekad menjalankan misi air bersih yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakat tanah air. "Saya pikir ini yang tadi saya sempat singgung tentang data, masih banyak yang memerlukan. Mudah-mudahan kita terus bisa lebih. Saya berharapnya bisa lebih malah. Lebih maksimal," tuturnya.

Diketahui, Maruli Simanjuntak mendapatkan piagam penghargaan dari museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ia, dinobatkan sebagai insan Indonesia yang membantu pengadaan air terbanyak di Indonesia.

Adapun penghargaan tersebut diberikan langsung oleh pendiri sekaligus Ketua MURI Jaya Suprana di Markas Kostrad, Jakarta Pusat. “Saya merasa bangga sekaligus terharu, atas apa yang sudah kita kerjakan ternyata mendapat apresiasi dari MURI,” ujar Maruli di lokasi, Senin (20/11/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)