Ganjar Dorong Revitalisasi KUD untuk Kesejahteraan Petani

Sabtu, 18 November 2023 - 18:53 WIB
loading...
Ganjar Dorong Revitalisasi KUD untuk Kesejahteraan Petani
Calon presiden nomor urut 3 dan didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo menyatakan perlunya merevitalisasi Koperasi Unit Desa (KUD) untuk menyelesaikan permasalahan kebutuhan petani. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3 dan didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo menyatakan perlunya merevitalisasi Koperasi Unit Desa (KUD) untuk menyelesaikan permasalahan kebutuhan petani. Khususnya soal pupuk hingga untuk kemudahan dan kesejahteraan para petani Indonesia.

"Di banyak tempat pupuk sulit, harga beras mahal, yang saya bayangkan, kenapa kita enggak hidupkan lagi KUD lagi," kata Ganjar disambut tepuk tangan ribuan orang yang hadir dalam acara saresehan nasional yang diadakan oleh Ikatan Alumni Universitas Negeri Makassar di Hotel Four Points, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menyoroti kebutuhan mendampingi dan melatih para pengelola koperasi agar menjadi profesional. KUD yang dikelola dengan baik diharapkan bisa menumbuhkembangkan wirausaha yang baru bagi para petani.





"Saya kira perlu di revitalisasi kekuatannya. Dan ini kalau bisa kita lakukan, maka petani-petani kita akan punya banyak sekali kenyamanan, keamanan, bahkan membangun enterpreneur di antara mereka untuk bisa saling berkolaborasi dan melengkapi,” kata Ganjar.

Dia pun menekankan upaya untuk mempermudah dalam pendirian koperasi. Hal ini agar masyarakat diberbagai daerah bisa lebih banyak mendirikan koperasi, serta memberikan kemudahan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui KUD.

“Dan inilah yang mesti kita lakukan agar mereka bisa mendapatkan akses yang lebih mudah, dari, oleh untuk anggota yang lebih banyak lagi bisa diberikan,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3209 seconds (0.1#10.140)