Alam Ganjar Kunjungi Art Jakarta 2023, Takjub dengan Karya Para Seniman

Jum'at, 17 November 2023 - 21:56 WIB
loading...
Alam Ganjar Kunjungi Art Jakarta 2023, Takjub dengan Karya Para Seniman
Alam Ganjar melihat salah satu karya seni yang dipamerkan di Art Jakarta 2023, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (17/11/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Muhammad Zinedine Alam Ganjar menghadiri pameran seni Art Jakarta 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran ini menghadirkan ragam karya seni dari para seniman lokal dan internasional.

Pemuda berusia 21 tahun tersebut tampak bersemangat dan menikmati saat berkeliling melihat beragam hasil karya seni unggulan dari para seniman. Alam mengaku kehadirannya sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan industri kreatif dan seni kontemporer di Tanah Air.

Dia mengaku takjub dengan karya-karya seni yang dipajang dalam pemeran tersebut. "Aku enggak expect bakal sebanyak ini seniman-senimannya. Tadi banyak banget galeri, ada beberapa seniman yang kebetulan aku idolakan," kata Alam, Jumat (17/11/2023).

Alam juga mengapresiasi banyaknya masyarakat, khususnya kalangan anak muda yang datang. Hal ini disebutnya, menujukan tingginya minat anak muda pada seni kontemporer.

"Bahkan aku juga cukup terkejut, ternyata pergelaran seni rupa seperti ini juga mendapat antusiasme yang sangat tinggi. Orang-orang juga yang interest sangat banyak," tuturnya.

Selain itu, dia juga mengapresiasi Art Jakarta 2023 yang turut menjajakan berbagai merchandise kesenian yang bisa dibeli para pengunjung. Hal ini, menurut Alam, menjadi wujud perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Dari pelbagai karya yang dipamerkan, Alam memfavoritkan karya seniman Yogyakarta, Suanjaya Kencut. "Tadi dari awal aku memang idola banget dengan Mas Suanjaya Kencut, kenal di Yogyajuga. Alumni ISI. Tadi ketemu dan say hallo. Kayanya bakal nunggu koleksi dia yang baru," tandasnya.

Lebih lanjut, Alam menilai seni merupakan salah satu alat pemersatu kalangan anak muda. Sehingga wajar ArtJakarta mendapat banyak pengunjung dari kalangan anak muda.

Anak capres Ganjar Pranowo ini pun menegaskan, dirinya akan berusaha hadir bila kelak ada gelaran pameran seni lainnya. "Seni itu bisa jadi salah satu alat penampung untuk karakteristik anak muda. Itu berekspresi, dan aku lihat dari teman-teman di dalam, mereka enggak punya batasan dan enggak malu untuk bagaimana mengekspresikan diri mereka sendiri," terangnya.

Total ada 68 galeri yang berpartisipasi meramaikan. Dari Indonesia ada 40 galeri seni dan mancanegara 28 galeri yang akan mengusung karya terbaru seniman mereka. Galeri mancanegara datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)