Basarnas Siap Diterjunkan Evakuasi Pesawat TNI AU yang Jatuh di Pasuruan

Kamis, 16 November 2023 - 13:55 WIB
loading...
Basarnas Siap Diterjunkan Evakuasi Pesawat TNI AU yang Jatuh di Pasuruan
Serpihan bagian pesawat tempur TNI AU yang menabrak tebing di utara area pegunungan Tengger, Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Pasuruan, Kamis (16/11/2023). Foto/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Pesawat tempur TNI Angkatan Udara (AU) jatuh di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), Kamis (16/11/2023). Hingga kini belum ada laporan pasti tentang korban jiwa.

Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Agus Basori mengungkapkan, Tim SAR di wilayah Jawa Timur akan langsung siap terjun apabila sudah mendapatkan laporan dari TNI AU terkait pesawat jatuh di Pasuruan.

"Tapi kalau di daerah Pasuruan biasanya temen-temen dari SAR Surabaya langsung action kalau ada (laporan) dari temen-temen TNI AU, itu ranahnya TNI kita hanya membantunya aja," kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis (16/11/2023).



Agus mengaku sudah mendapatkan banyak laporan lainnya dari berbagai sumber media karena adanya pesawat TNI AU yang jatuh di daerah Pasuruan.

"Informasi yang saya dapet baru dari media, kalau urusan pesawat TNI AU kita sifatnya membantu, untuk detailnya silakan ke teman-teman dari TNI AU," ucap Agus.

Sebelumnya diberitakan, pesawat milik TNI AU seri TT-3103 dilaporkan jatuh di area Pegunungan Tengger, Desa Kedawung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Kamis (16/11/2023). Pada video amatir warga, pesawat dalam kondisi hancur, pecah menjadi beberapa bagian.

Pada video amatir warga, pesawat tersebut dilaporkan menabrak tebing saat melakukan latihan. Belum diketahui kondisi pilot dalam pesawat tersebut.



"Ini nomor serinya. Begini kondisinya," kata seseorang yang sempat merekam bangkai pesawat.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)