Rapat dengan Polri, Komisi III DPR Soroti Dugaan Intimidasi Ketua BEM UI

Rabu, 15 November 2023 - 16:51 WIB
loading...
Rapat dengan Polri, Komisi III DPR Soroti Dugaan Intimidasi Ketua BEM UI
Rapat kerja Komisi III DPR dengan Polri, Rabu (15/11/2023). FOTO/MPI/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR menghujani Polri yang diwakili oleh Kabaharkam Komjen Pol Muhammad Fadil Imran dengan beragam pertanyaan mengenai persiapan pengamanan dan penegakkan hukum pada Pemilu 2024. Salah satu yang disoroti adalah kasus dugaan intimidasi terhadap Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia ( BEM UI ) Melki Sedek Huang.

Kasus dugaan intimidasi Ketua BEM UI disampaikan Anggota Komisi III DPR Taufik Basari dalam rapat kerja Komisi III DPR dengan Polri, Rabu (15/11/2023). Agenda rapat adalah membahas persiapan pengamanan dan penegakkan hukum pada Pemilu 2024.

"Ketua BEM UI yang beliau menyatakan akibat kekritisannya selama memimpin BEM UI, dengan segala aksi-aksinya, keluarga beliau di Kalimantan Barat mendapatkan intimidasi," kata Tobas, sapaan akrab Taufik Basari, saat rapat.



Dalam kesempatan itu, Tobas meminta kepada kepolisian memberikan pengamanan kepada Ketua BEM UI dan keluarganya dari upaya intimidasi. Hal ini penting dalam rangka tetap menjaga kritikan ini sebagai bagian dari demokrasi.

"Kedua, apabila memang ada bukti-bukti bisa kemudian melakukan pengusutan supaya pihak yang melakukan intimidasi ini juga bisa Kita lakukan penegakkan hukumnya," ujarnya.

Tobas mengingatkan kepada semua pihak, jika ada suara kritis yang disampaikan, mulai dari kalangan masyarakat hingga mahasiswa, maka harus bisa ditempatkan sebagai bagian dari jalannya demokrasi.

"Jangan anggap itu sebagai gangguan. Jadi anggap itu bagian dari demokrasi, kita tetap berikan ruangnya, buka seluas-luasnya," katanya.

Untuk diketahui, Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengaku mendapat sejumlah ancaman mengarah ke intimidasi hingga ke orang tua maupun guru semasa SMA di Pontianak, Kalimantan Barat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)