Berpikir Positif, Kunci Hindari Tekanan Psikologis Pandemi Covid-19

Kamis, 06 Agustus 2020 - 18:29 WIB
loading...
A A A
Bagaimana masyarakat bertahan? Dari hasil survei, cara pilihan yang dilakukan untuk menyelamatkan diri dari dampak pandemi adalah berpikir positif. Hal itu diungkapkan oleh 31% responden.

“Harus selalu berpikiran positif di tengah pandemi ini. Itu bisa membuat imun menjadi kuat untuk mengantisipasi virus,” ungkap Putri, warga Tangerang Selatan.

Cara lainnya, mengalihkan fokus perhatian dengan menjalankan hobi. Kegiatan ini bisa menjadi sarana penyaluran emosi yang terkuras akibat pandemi.
Berpikir Positif, Kunci Hindari Tekanan Psikologis Pandemi Covid-19

Sebagai respons atas munculnya dampak psikologis terhadap masyarakat, maka sejak 29 April 2020, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) membuka sebuah layanan psikologi yang bersifat nasional. Layanan yang diluncurkan oleh Kantor Staf Presiden RI (KSP) tersebut bernama SEJIWA, diperuntukan sebagai bentuk dukungan psikologis awal (DPA) bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sampai saat ini tim ini telah melayani ribuan aduan dari seluruh pelosok Indonesia. Masyarakat pun memberi apresiasi atas penyediaan fasilitas ini. Namun ke depannya, masyarakat berharap agar pemerintah bisa meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak seperti psikolog serta pemerhati kesehatan mental untuk memberikan layanan psikologis secara tepat, merata dan komprehensif bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi ini.
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)