Berikut Visi Misi Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Senin, 13 November 2023 - 13:56 WIB
loading...
Berikut Visi Misi Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto
Calon Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bersama Komisi I DPR RI, Senin (13/11/2023). Foto/Arif Julianto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bersama Komisi I DPR RI, Senin (13/11/2023). Dalam forum itu, Agus memaparkan visinya bila terpilih menjadi Panglima TNI.

"Saya memiliki visi TNI yang Prima yaitu TNI yang profesional responsif integratif modern dan adaptif dalam rangka membangun industri TNI yang memiliki daya tahan dan daya tempur guna menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman gangguan dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara," kata Agus saat paparkan materi.

Guna mewujudkan visi tersebut, Agus memiliki misi yang telah ditetapkan. Setidaknya ada lima misi Agus bila terpilih menjadi Panglima TNI. Pertama, memelihara dan memantapkan profesionalisme TNI sebagai alat pertahanan negara.



Kedua, meningkatkan kemampuan yang responsif dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis. Ketiga, memantapkan kemampuan TNI yang integratif serta bersinergi dengan kepolisian kementerian dan lembaga dan komponen bangsa lainnya.

"Keempat, mewujudkan percepatan modernisasi alutsista sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kelima, mewujudkan TNI yang adaptif terhadap tuntunan tugas dan spektrum ancaman," terang Agus.

Sekedar informasi, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Panglima TNI oleh Komisi I DPR RI.

Saat tiba di Gedung DPR, Agus hanya memberikan sapaan kepada awak media. Ia pun mengaku siap menjalani fit and proper test seraya menunjukan jari jempolnya.

“Kabar baik, siap (jalani fit and proper test),” singkat Agus.

Sejatinya, Agus dilantik menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun. Kurang dari sepekan menjabat KSAD, namanya langsung dicalonkan sebagai calon tunggal Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jika Agus lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan kali ini, maka dirinya akan mengganti Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Perlu diketahui bahwa Yudo juga memasuki masa pensiun pada akhir tahun ini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)