Dunia Tak Berdaya terhadap Kekejaman Israel pada Rakyat Palestina, Jokowi Ajak Negara OKI Bersatu

Senin, 13 November 2023 - 10:20 WIB
loading...
Dunia Tak Berdaya terhadap Kekejaman Israel pada Rakyat Palestina, Jokowi Ajak Negara OKI Bersatu
Presiden Jokowi mengatakan, dunia seolah tak berdaya dengan kekejaman agresi Israel terhadap warga negara Palestina yang saat ini terus berlangsung di Gaza. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dunia seolah tidak berdaya dengan kekejaman agresi Israel terhadap warga negara Palestina yang saat ini terus berlangsung di Jalur Gaza. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi.

"Saat KTT saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina. Sehingga saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/11/2023).

Jokowi juga meminta agar bantuan kemanusiaan dan perundingan damai untuk segera dilakukan. Israel, kata Jokowi, harus bertanggungjawab dengan kekejaman yang terjadi atas serangan di Palestina.

"Gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan. Dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan," ungkapnya.



Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dalam KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi telah menghasilkan pesan yang sangat kuat untuk dunia.

"Alhamdulillah KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan pesan ini lah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari. Dimana ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar 1/3 suara negara di dunia," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas secara khusus kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

"Selain itu saya juga akan menyampaikan pesan dari presiden palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden," kata Jokowi.

Presiden juga memberikan dukungan penuh terhadap Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang terpilih menjadi salah satu yang dipercaya para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina.

"Selain itu saya juga ingin memberikan dukungan penuh untuk menteri luar negeri Indonesia yang terpilih sebagai salah satu menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina," jelasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3289 seconds (0.1#10.140)