Fadli Zon Sebut Pemilihan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Calon Panglima TNI Tepat

Senin, 13 November 2023 - 09:47 WIB
loading...
Fadli Zon Sebut Pemilihan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Calon Panglima TNI Tepat
Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto akan menyampaikan visi dan misinya di DPR RI, Senin (13/11/2023). Hal ini pun mendapat tanggapan dari Fadli Zon. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto akan menyampaikan visi dan misinya di DPR RI, Senin (13/11/2023). Hal ini pun mendapat tanggapan dari Anggota Komisi I DPR, Fadli Zon .

Menurut Fadli Zon, pemilihan Jenderal Agus menjadi calon Panglima TNI sudah tepat dan cermat bagi pengembangan organisasi TNI.

"Tentu pemilihannya sudah melalui berbagai pertimbangan matang dan akurat," kata Fadli Zon, Senin (13/11/2023).



Dikatakan Fadli Zon, karier militer Jenderal Agus lengkap. Pernah ditugaskan sebagai Dandim, Danrem, Danpaspampres, Pangdam III/Siliwangi, lalu menjadi Wakil Kepala Staf TNI AD dan kini KSAD.

"Jenderal Agus mampu mengelola dan memimpin kesatuan di mana ia bertugas. Ia berhasil dan punya pengalaman penugasan berbagai operasi militer antara lain Operasi Seroja dan Operasi Tinombala selain operasi kemanusiaan maupun bencana," jelasnya.

Ketua BKSAP DPR ini mengungkapkan, Panglima TNI punya Tugas dan kewajiban seperti diatur dalam Pasal 15 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Panglima TNI memimpin TNI, melaksanakan kebijakan pertahanan negara, menyelenggarakan strategi militer dan melaksanakan operasi militer.

"Dalam hubungan dengan Menteri Pertahanan, Panglima TNI memberikan pertimbangan soal kebijakan pertahanan negara dan penetapan kebijakan pemenuhan kebutuhan TNI dan komponen pertahanan lainnya," ungkapnya.

Kata Fadli Zon, ada tiga tantangan Panglima TNI mendatang. Pertama, terkait potensi konflik di kawasan Laut Cina Selatan.

"Meski Indonesia bukan negara yang bersengketa, namun wilayah konflik LCS berdekatan langsung dengan Laut Natuna Utara milik Indonesia. Kedaulatan laut dan wilayah kita harus terjaga dan tak boleh terusik oleh kekuatan luar," tuturnya.

Kedua menurut politikus Partai Gerindrta itu, terkait tantangan nonmiliter, terutama gejolak ekonomi dunia akibat perang Ukraina-Rusia dan Israel-Palestina. Ketiga, tantangan Pemilu 2024. Ini tahun politik. Potensi gesekan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun.

"TNI berperan penting turut menjaga agar proses pemilu berjalan lancar, aman, damai dan sukses. Saya yakin Jenderal Agus Subiyanto adalah seorang yang punya integritas, profesionalitas, dan leadership yang kuat," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)