Ganjar Bakal Berikan Nama Indonesia kepada Pulau-pulau Terluar

Kamis, 09 November 2023 - 06:34 WIB
loading...
Ganjar Bakal Berikan Nama Indonesia kepada Pulau-pulau Terluar
Calon presiden yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo bakal memberikan nama Indonesia kepada pulau-pulau terluar sebagai komitmennya terhadap kedaulatan maritim Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon presiden yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo bakal memberikan nama Indonesia kepada pulau-pulau terluar sebagai komitmennya terhadap kedaulatan maritim Indonesia. Hal tersebut adalah salah satu cara untuk melindungi pulau Indonesia agar tidak diakui oleh negara lain.

"Soal kedaulatan maritim, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting menurut kami adalah penggunaan Bahasa Indonesia untuk nama pulau- pulau terluar. Melakukan inventarisasi pulau-pulau kecil rasanya penting," ujar Ganjar dalam acara yang diadakan pusat Kajian Strategis dan Internasional (CSIS) bertajuk 'Pidato Calon Presiden Republik Indonesia: Arah dan Strategi Politik Luar Negeri' di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Ganjar menuturkan, adanya pulau Indonesia yang direbut oleh negara lain Pulau itu adalah Sipadan dan Ligitan yang terletak di timur laut Pulau Kalimantan, sekitar 150 kilometer dari Pulau Tarakan di Kalimantan Utara. "Kita pernah punya pengalaman Pulau Sipadan dan Ligitan. Kalau kita bicara dari sisi sejarahnya, wah perdebatannya panjang sekali," ujar Ganjar.





Ganjar juga menuturkan pentingnya memahami sejarah dan kultur yang berkembang di pulau-pulau terluar sebagai bagian dari identitas Indonesia yang beragam. "Bagaimana Kita menamai pulau itu atau lambang uang yang berlaku di sana dan kultur apa yang berkembang di sana," ujarnya.

Selain itu, Ganjar juga menekankan perlunya meningkatkan anggaran pertahanan untuk mengamankan wilayah Indonesia. Peningkatan anggaran pertahanan ini juga terjadi di negara di Asia. Menurut dia, pentingnya kerjasama dan perjanjian internasional untuk mengukuhkan posisi Indonesia dalam tata kelola wilayah maritimnya.

"Maka kalau kita anggaran pertahanan negara-negara yang ada di ASIA saja sudah meningkat cukup tinggi, dan tentu saja kita mesti mengoptimalkan kerjasama dan perjanjian internasional. Ini untuk penguatan posisi Indonesia," tegas Ganjar.

Ganjar menegaskan keinginanya untuk mengamankan wilayah maritim Indonesia dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di sektor maritim. "Negara yang besar ini butuh perhatian besar pula, maka kalau kita ingin mengamankan kondisi wilayah maritim kita, itu salah satunya. Lalu Menggandakan anggaran untuk pertahanan laut," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)