Mbak Ita Minta Pembukaan Jembatan Kaca Tinjomoyo Pastikan Kenyamanan dan Keamanan Pengunjung

Rabu, 08 November 2023 - 22:03 WIB
loading...
Mbak Ita Minta Pembukaan Jembatan Kaca Tinjomoyo Pastikan Kenyamanan dan Keamanan Pengunjung
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta pengembangan destinasi wisata di Kota Semarang memprioritaskan aspek kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengunjung. (Foto: dok. Pemkot Semarang)
A A A
SEMARANG - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta pengembangan destinasi wisata di Kota Semarang memprioritaskan aspek kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengunjung. Hal itu pula yang menyebabkan sampai saat ini objek wisata Jembatan Kaca Hutan Tinjomoyo Semarang, belum dibuka meski bangunannya sudah jadi.

Wali Kota Semarang Pertama yang akrab dipanggil Mbak Ita itu mengaku, beberapa waktu lalu pihaknya sudah menerima laporan bahwa jembatan kaca sudah jadi dan siap digunakan. Pihaknya kemudian mempertanyakan apakah bangunan tersebut sudah lulus K3 atau belum, karena bangunan seperti itu harus dilengkapi berbagai fasilitas keamanan dan keselamatan.

“Kita nggak mau terjadi apa-apa. Tapi kalau terjadi, bagaimana P3K-nya, pertolongan pertamanya? Tim-nya ada tidak. Bagaimana penanganannya dan sebagainya,” ujarnya.

Mbak Ita juga telah meminta para ahli K3 untuk melakukan survei dan penilaian terkait kelayakan dan keamanan Jembatan Kaca Tinjomoyo. Dirinya juga menekankan, sebelum dibuka untuk umum, manajemen objek wisata tersebut harus sudah jelas. Mulai dari fasilitas penunjang seperti toilet, alur kunjungan, hingga peraturan teknis bagi para pengunjung.

“Kemarin saya minta survei atau pemeriksaan oleh tim. Bagaimana keamanan kacanya, keselamatan dari pengunjung, ternyata masih banyak kekurangan. Katanya toilet nanti bersama dengan warga, tapi kan harus dipastikan. Waktu di kaca itu apakah boleh pakai sepatu? Atau hanya kaos kaki? Tapi tempat simpan sepatunya di mana? Itulah banyak hal yang harus dibenahi,” kata Mbak Ita.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang selaku leading sektor berencana mengoperasikan Jembatan Kaca Tinjomoyo setelah penyelesaian kegiatan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 maupun APBD 2024. Disbudpar juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang mengembangkan jembatan kaca tersebut.

“Apalagi sudah ada kejadian (kecelakaan jembatan kaca di Banyumas) ini kita harus review lagi. Karena di sana juga tanahnya bergerak. Ini yang harus dipastikan keselamatan para pengunjung, pekerja, dan masyarakatnya,” tutup Mbak Ita.
(irh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)