Respons Kapuspen TNI Soal Dugaan Tentara AS Menyusup

Minggu, 08 Oktober 2017 - 19:09 WIB
Respons Kapuspen TNI Soal Dugaan Tentara AS Menyusup
Respons Kapuspen TNI Soal Dugaan Tentara AS Menyusup
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Wuryanto mengungkapkan, pihaknya tidak pernah mengundang dua tentara Amerika Serikat berinisial ZM dan BM yang tiba-tiba muncul diacara HUT ke-72 TNI. Acara tersebut dihelat pada Kamis 5 Oktober di Cilegon, Banten, Jawa Barat.

Menurut Wuryanto, undangan hanya diberikan kepada orang-orang tertentu saja. Sementara untuk ZM dan BM dipastikan tidak diundang. Saat ini, pihak TNI masih terus menyelidiki maksud dan tujuan kedua tentara asing terebut hadir di acara HUT TNI.

"Kita kan mengundang pada hari puncak itu para Duta Besar itu, kan diundang, rekan-rekan sahabat diundang semua," ungkap Wuryanto saat berbincang-bincang dengan Okezone, Minggu (8/10/2017).

Sementara pihak TNI masih belum mengetahui informasi apa yang hendak dicari oleh ZM dan BM sehingga nekat menyusup ke acara sakral TNI tersebut. Mereka langsung diamankan dan dilakukan introgasi kemudian diserahkan ke Kedubes yang bersangkutan.

(Baca juga: 2 Tentara AS Diduga Menyusup, TNI Diminta Melakukan Hal Ini)

Keduanya dipastikan merupakan tentara aktif Amerika Serikat dan baru saja melaksanakan latihan bersama dengan TNI. Namun, tanpa diketahui asal-usulnya, tiba-tiba sudah ada di tengah-tengah acara HUT TNI.

"Betul (tentara aktif AS), baru selesai melaksanakan latihan bersama dengan Indonesia kemarin," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, keduanya datang ke Indonesia menggunakan visa on arrival pada 15 September 2017 yang lalu melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. Mereka mengaku menginap di hotel Ritz Carlton, Jakarta.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2345 seconds (0.1#10.140)