Ganjar Pranowo Dinilai Mampu Lanjutkan Perjuangan Bung Karno di Tingkat Internasional

Selasa, 07 November 2023 - 13:57 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Dinilai Mampu Lanjutkan Perjuangan Bung Karno di Tingkat Internasional
Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Emrus Sihombing, ahli komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), menilai Ganjar Pranowo mempunyai keberanian mengambil keputusan terkait kebijakan luar negeri yang menolak penjajahan. Kebijakan antipenjajahan yang mungkin diterapkan oleh Ganjar ini didukung oleh sifat kepemimpinan pluralis yang dimilikinya.

" Ganjar Pranowo memiliki sifat kepemimpinan pluralis yang menjadi modal sosial dan politik baginya dalam merumuskan kebijakan luar negeri yang menolak bentuk penjajahan di seluruh dunia," ujar Emrus, Selasa (31/10/2023).

Menurut Emrus, pendekatan yang diambil oleh Ganjar sesuai dengan prinsip-prinsip yang terdapat dalam konstitusi negara yang menekankan pentingnya memelihara perdamaian dunia secara berkelanjutan.

"Indonesia secara tegas mengikuti posisi yang diperintahkan oleh konstitusi dalam menjaga perdamaian dunia serta berkontribusi dalam menghapus segala bentuk penjajahan di dunia," ujarnya.

Emrus menggambarkan bahwa Indonesia selalu mempertahankan posisi yang sejalan dengan prinsip-prinsip konstitusi, yaitu berkomitmen untuk menjaga kedamaian dunia dan turut serta dalam menghapus penjajahan secara global.

Karenanya, Ganjar Pranowo dinilai mampu meneruskan semangat Presiden Pertama RI Soekarno, dalam merumuskan kebijakan luar negeri Indonesia dalam konteks hubungan internasional, dengan tujuan untuk memelihara dan mewujudkan perdamaian dunia.

"Sejak era Bung Karno, Presiden Jokowi, hingga pandangannya tentang calon presiden 2024, individu yang menunjukkan tekad serta keberanian dalam merumuskan kebijakan luar negeri Indonesia dalam konteks hubungan internasional untuk memelihara serta mewujudkan perdamaian global adalah Ganjar Pranowo," ungkapnya.

Emrus menjelaskan bahwa Ganjar Pranowo, yang memiliki kepemimpinan yang inklusif, memiliki dasar sosial dan dukungan politik yang kokoh untuk mengembangkan kebijakan luar negeri yang menolak segala bentuk penjajahan di seluruh dunia.

Ganjar Pranowo memang dikenal sebagai sosok yang pemberani. Hal tersebut juga yang membuat cawapresnya sekarang yaitu Mahfud MD mau untuk terlibat bersama Ganjar mengarungi kontestasi politik Pilpres 2024 .

"Baru kali ini, pertama kali saya menyatakan bersedia menjadi cawapres. Bagi yang selama ini menunda untuk menentukan pilihan karena menunggu kepastian dari saya, saat ini saya nyatakan saya bersedia ikut kontestasi bersama Mas Ganjar,” ucap Mahfud.

Mahfud menyatakan bahwa ia sudah lama mengenal Ganjar. Dari periode tahun 2004 hingga 2008, keduanya bersama-sama menjabat sebagai anggota DPR RI.

Selain itu, mereka sering bertemu dan berdiskusi ketika Ganjar menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah dan Mahfud MD menjabat sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

"Oleh karena itu, saya sangat paham bahwa Mas Ganjar adalah sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat dan memiliki keberanian. Dia berani untuk melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang bermasalah, menerima kritik, dan gigih memperjuangkan nilai-nilai politik yang diyakininya benar."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)