Protes Namanya Dicatut Dukung Amin, Waketum DMI Tolak Ditarik-tarik ke Politik Praktis

Selasa, 07 November 2023 - 13:01 WIB
loading...
Protes Namanya Dicatut Dukung Amin, Waketum DMI Tolak Ditarik-tarik ke Politik Praktis
Waketum DPP Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jenderal Pol (Purn) Syafruddin Kambo menolak untuk ditarik-tarik ke politik praktis jelang Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Dewan Masjid Indonesia (DMI) KomjenPol (Purn) Syafruddin Kambo protes kepada eks Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin karena namanya dimasukkan dalam daftar rombongan saat berkunjung ke Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).

Syafruddin menegaskan bahwa sudah menolak permintaan Din Syamsuddin untuk ikut dalam rombongan kunjungan ke Nasdem Tower. Ia mengatakan posisinya saat ini melarang dirinya terlibat dalam politik praktis.

"Kemarin saya sudah bilang ke Pak Din, saya tidak terlibat politik praktis, Dewan Masjid tidak boleh dibawa ke dalam politik, tapi nama saya tetap dimasukkan ke dalam daftar rombongan," ujar dia dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Ia pun menyayangkan Din Syamsuddin yang masih mencantumkan namanya dalam daftar rombongan yang hadir dalam kunjungan bernuansa politis tersebut. Sebab, tutur dia, kunjungan Din Syamsuddin ke Nasdem merupakan bentuk dukungan terbuka kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Ketua Asfa Foundation ini menekankan dirinya tidak hadir dalam pertemuan tersebut, termasuk juga pada pertemuan-pertemuan yang bernuansa politis lainnya. Ia mendesak agar Din Syamsuddin untuk segera meralat soal ini.

"Sekali lagi saya meminta Pak Din untuk segera meralat ke semua media yang memuat pemberitaan soal kehadiran saya di pertemuan kemarin. Sekali lagi saya tekankan, Dewan Masjid tidak boleh terlibat politik, saya pun demikian menolak terlibat di politik praktis," tutur dia.

Diketahui, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin tiba di Nasdem Tower, Jakarta Pusat. Ia datang bersama sejumlah tokoh agama. Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh langsung menyambut dan memeluk hangat Din Syamsuddin.

Pantauan, Din beserta rombongan tiba di Nasdem pada pukul 15.25 WIB, mereka kompak mengenakan syal bendera Palestina. Din tiba di NasDdm langsung disambut oleh jajaran partai Nasdem di antaranya Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim, Ketua DPP Partai Nasdem Effendy Choirie beserta jajaran lainnya.

Setelah itu, Din langsung diarahkan ke Lantai 4 NasDem Tower untuk bertemu dengan Surya Paloh. Selang beberapa menit, Surya Paloh tiba di Ballroom dan menyapa beberapa tokoh agama lain sebelum dirinya menyapa Din.

Dalam daftar rombongan yang diterima awak media, tertulis bahwa Din Syamsuddin mengajak 15 tokoh dan Syafruddin dimasukkan dalam daftar tersebut. Padahal saat di lokasi, Syafruddin tidak terlihat hadir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4988 seconds (0.1#10.140)