Keunggulan Pesawat Hercules C-130, Armada TNI AU yang Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

Senin, 06 November 2023 - 14:31 WIB
loading...
Keunggulan Pesawat Hercules C-130, Armada TNI AU yang Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina
Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU dikerahkan untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Palestina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara (AU) dikerahkan untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Palestina. Pengoperasian pesawat ini sesuai instruksi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono kepada KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Mengutip keterangan dari laman TNI AU, Senin (6/11/2023), ada sekitar 26 ton bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Lebih jauh, bantuan tersebut dihimpun dari Palang Merah Indonesia (PMI), Baznas, HFI, Kemenhan RI, dan lainnya.

Bantuan kemanusiaan ini mencakup berbagai jenis, seperti makanan, obat-obatan, perlengkapan anak-anak, alat penunjang disabilitas, dan lain sebagainya. Pengiriman bantuan ini menjadi cerminan dari komitmen Indonesia untuk mendukung Palestina yang sudah lama menghadapi kondisi sulit.

Lebih jauh, seperti apakah keunggulan pesawat Hercules C-130 yang digunakan mengangkut bantuan ke Palestina itu? Simak ulasannya berikut.

Keunggulan Pesawat Hercules C-130


Hercules C-130 menjadi salah satu produk buatan Lockheed Martin asal Amerika Serikat. Melihat riwayatnya, C-130 menjadi pesawat angkut militer populer yang sudah banyak dioperasikan negara-negara di dunia.



Awalnya, C-130 hanya ditujukan sebagai pesawat angkut. Pada perkembangannya, pesawat ini mulai banyak digunakan untuk keperluan lain di militer, termasuk menerjunkan pasukan terjun payung.

Seiring waktu, pengembang C-130 juga memproduksi varian-varian barunya yang lebih canggih. Salah satu yang dimiliki Indonesia adalah tipe C-130J untuk mendukung tugas-tugas TNI AU dalam misi Operasi Militer Perang (OMP) atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Lebih jauh, ada banyak keunggulan yang dimiliki Hercules C-130. Berikut beberapa di antaranya yang bisa disimak.

1. Performa


Keunggulan pertama bisa dilihat dari aspek performanya. Varian C-130J disebut lebih efisien dari para pendahulunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2841 seconds (0.1#10.140)