Ganjar Pranowo Bakal Prioritaskan Pendidikan di Indonesia Timur, Fokus Lahirkan SDM Unggul

Sabtu, 04 November 2023 - 20:40 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Bakal Prioritaskan Pendidikan di Indonesia Timur, Fokus Lahirkan SDM Unggul
Capres yang diusung Partai Perindo, Ganjar Pranowo saat menghadiri acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muda Indonesia (ICMI) di Makassar, Sabtu (4/11/2023). Foto/MPI
A A A
MAKASSAR - Calon presiden (Capres) yang diusung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menegaskan jika pembangunan Indonesia bagian timur menjadi salah satu program prioritas pemerintahan ke depan.

Pemaparan visi misi membangun Indonesia itu disampaikan Ganjar Pranowo saat menghadiri acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muda Indonesia (ICMI) di Makassar, Sabtu (4/11/2023).



Di hadapan para cendekiawan muslim seperti Prof Jimly Asshiddiqie, Prof Teuku Abdullah Sanny, Dr Ilham Habibie, Ketua Umum ICMI Arif Satria, dan ratusan cendekiawan muslim lainnya, Ganjar mengatakan akan fokus dalam membangun sumber daya manusia (SDM) unggul dan mengoptimalkan sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

"Pembangunan sumber daya manusia unggul adalah kunci menuju Indonesia Emas 2045. Caranya adalah dengan pendidikan," ujar Ganjar.

Ganjar mengakui jika Indonesia timur belum mendapatkan fasilitas pendidikan yang memadai sampai saat ini. Masih banyak daerah yang kekurangan sekolah, bahkan hanya ada lima perguruan tinggi di Indonesia timur yang terakreditasi unggul.

"Maka harus ada peningkatan fasilitas dan sarana prasarana pendidikan yang memadai di Indonesia timur, agar anak-anak kita mudah mengakses pendidikan. Melihat fakta-fakta ini, maka penting bagi negara melakukan tindakan afirmasi untuk peningkatan SDM di wilayah timur," terangnya.

Tindakan afirmasi itu, lanjut Ganjar, dilakukan dengan menggelontor anggaran besar untuk pembangunan infrastruktur pendidikan. Selain itu, tindakan lain seperti pemberian beasiswa bagi mereka yang berprestasi untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

"Maka salah satu program kerja saya adalah satu keluarga miskin satu sarjana. Dengan program itu, maka SDM di Indonesia khususnya wilayah timur akan unggul, sekaligus untuk memutus rantai kemiskinan di masyarakat. Karena kami yakin, kemiskinan hanya bisa diselesaikan melalui pendidikan," tuturnya.

Selain membangun SDM unggul, optimalisasi sumber daya alam di wilayah timur Indonesia juga harus dilakukan. Selama ini, Indonesia timur terkenal sebagai pemasok mineral terbesar di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8898 seconds (0.1#10.140)