alexa snippet

Kampung KB, Upaya Mengimplementasikan Kegiatan Prioritas Pembangunan

Kampung KB, Upaya Mengimplementasikan Kegiatan Prioritas Pembangunan
Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty saat Pencanangan Kampung KB di Desa Kuranji, Kecamatan Labu Api, Kabupaten Lombok Barat, Selasa (25/9/2017).Foto/Humas BKKBN
A+ A-
LOMBOK - Kampung Keluarga Berencana (KB) dicanangkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada 14 Januari 2016. Pembentukan Kampung KB ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden agar manfaat Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan.

"Kampung KB diharapkan akan membuat Program KB bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat, terutama yang berada di desa-desa, dusun-dusun dan kampung-kampung di seluruh Indonesia" ujar Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty dalam sambutannya pada kegiatan Pencanangan Kampung KB di Desa Kuranji, Kecamatan Labu Api, Kabupaten Lombok Barat, Selasa (25/9/2017).

Jumlah Kampung KB di seluruh Indonesia sudah mencapai 487 Kampung KB atau sekitar 95% dari target yang akan dicapai, yaitu 514 Kampung KB di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia. Penggarapan program pembangunan berbagai sektor terkait di Kampung KB ini diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan fasilitas dari Kepala Desa, Ketua RW, Ketua RT, Penyuluh KB, PKK, Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), tokoh masyarakat, kader serta lintas sektor terkait.

Keikutsertaan masyarakat sangat didorong agar kegiatan-kegiatan prioritas pembangunan dapat terimplementasikan dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Kampung KB dibuat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam upaya peningkatkan kualitas hidupnya sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan yang lebih baik.

Dengan memiliki keluarga yang berkualitas, baik dari segi jumlah ataupun dari segi pola kehidupan, diharapkan dapat menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas di masa yang akan datang. Keluarga adalah unit terkecil dari sebuah Negara dan merupakan awal tempat belajar bagi anak sebagai Generasi calon penerus bangsa.

“Kesadaran untuk memiliki kehidupan yang lebih berkualitas harus dapat lebih ditanamkan di masyarakat, salah satunya dengan Pencanangan  Kampung KB,” katanya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top