Try Sutrisno: Kewaspadaan Terhadap PKI Harus Tetap Terjaga

Sabtu, 23 September 2017 - 02:07 WIB
Try Sutrisno: Kewaspadaan Terhadap PKI Harus Tetap Terjaga
Try Sutrisno: Kewaspadaan Terhadap PKI Harus Tetap Terjaga
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno tidak mempersoalkan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memperbarui film tentang Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) agar sesuai dengan kebutuhan generasi saat ini.

"Supaya mengimbangi lebih dingin, oke silakan. Tapi intinya, kewaspadaan terhadap PKI itu harus tetap. Karena ideologi predator Pancasila itu banyak," kata Try di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/9/2017).

Try pun menyambut positif kegiatan nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI yang digagas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bagi para prajurit TNI. Try menilai pemutaran film itu sebagai pengingat sejarah masa lalu.

"Bangga saya. Alasan Anda (Panglima TNI) supaya prajurit saya tahu kenyataan tingkah laku PKI sebagai pengkhianat, itu tidak dibuat-buat," kata Try.

Dalam kesempatan itu, Try meminta agar deteksi dini terhadap anak-anak PKI yang akan masuk ke tubuh TNI melalui pendidikan akademi militer tetap dilakukan. Akademi militer, kata Try, harus diisi oleh orang-orang yang berjiwa NKRI.

"Tidak mustahil anak-cucu PKI Akan masuk ke Akmil, itu sasaran strategis jangka panjang. Saya minta jajaran intel kita untuk betul-betul tahu, yang masuk Akmil manusia Merah-Putih betul atau tidak," ucap Try.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7779 seconds (0.1#10.140)