Muhammadiyah Kirim Tim Medis ke Bangladesh Bantu Rohingya

Jum'at, 22 September 2017 - 19:56 WIB
Muhammadiyah Kirim Tim Medis ke Bangladesh Bantu Rohingya
Muhammadiyah Kirim Tim Medis ke Bangladesh Bantu Rohingya
A A A
JAKARTA - Pimpinan Pusat Muhammadiyah melepas tim medis Muhammadiyah Aid yang akan berangkat ke Distrik Cox's Bazar, Bangladesh untuk membantu pengungsi Rohingya.

Ratusan ribu pengungsi Rohingya yang menempati tenda pengungsian di wilayah Cox’s Bazar, Bangladesh hidup dalam kondisi sangat memprihatinkan.

Tenda pengungsian yang kurang layak membuat banyak pengungsi mulai diserang berbagai penyakit dan keluhan kelelahan fisik.

Tim Medis Muhammadiyah Aid yang dipimpin oleh Dr Corona Setiawan beranggotakan tiga dokter dan sembilan perawat serta personel supervisi dari Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) berangkat ke Bangladesh dan langsung berkoordinasi dengan anggota Muhammadiyah Aid yang telah berada di Dhaka sejak 17 September lalu.

"Tim Muhammadiyah Aid bekerja sama dengan LSM lokal di Cox Bazar akan melakukan pelayanan kesehatan sekaligus memberikan bantuan obat-obatan dan makanan nutrisi balita," kata Acting Coordinator Muhammadiyah Aid, Wachid Ridwan dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9/2017).

Tim juga akan melakukan kajian mendalam untuk bantuan kemanusiaan jangka panjang dalam penanganan nasib Muslim Rohingnya di Myanmar. Pada bulan Januari,

Muhammadiyah Aid telah melakukan need assessment di Provinsi Rakhine sebelum terjadinya eksodus ratusan ribu penduduk ke Bangladesh dan bertemu dengan pemerintah lokal termasuk mengunjungi lima tenda pengungsian untuk memberikan bantuan.

Pada bulan Mei, Muhammadyah Aid kembali ke Myanmar dan bertemu dengan 14 LSM lokal, LSM internasional/PBB dan pemerintah kabupaten/kecamatan di sana.

Pada tahapan selanjutnya tentu masih akan menunggu political will dari Pemerintah Myanmar sekaligus kemudahan akses untuk masuk provinsi Rakhine.

Muhammadiyah Aid merupakan komitmen PP Muhammadiyah dalam melaksanakan amanat Muktamar untuk turut aktif dalam bantuan kemanusian internasional.

Menurut Wachid, Lazismu di daerah memberikan kontribusi donasi yang sangat besar demi misi bantuan ini dan bersama dengan Majelis dan lembaga tingkat pusat dalam bendera Muhammadiyah Aid menyalurkannya kepada muslim Rohingnya.

Dia mengatakan, misi kemanusiaan ini selaras dengan komitmen bangsa Indonesia yang sejak awal melalui Kementerain Luar Negeri membuka dialog secara intensif dengan pemerintah Myanmar dan diikuti dengan pengiriman bantuan kebutuhan untuk pengungsi Rohingya.

Secara khusus, kata dia, PP Muhammadiyah menyampaikan terima kasih atas partisipasi serta keikhlasan bantuan terutama dari warga dan simpatisan Muhammadiyah juga masyarakat secara umum.

"Bantuan kita semua insya Allah disalurkan kepada yang berhak yakni saudara-saudara kita muslim Rohingnya," ucap Wachid.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4050 seconds (0.1#10.140)