Cuaca Sepekan ke Depan, BMKG: Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan Sedang hingga Lebat

Jum'at, 03 November 2023 - 07:20 WIB
loading...
Cuaca Sepekan ke Depan, BMKG: Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan Sedang hingga Lebat
BMKG menyebut sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sepekan ke depan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca sepekan ke depan, mulai 3 hingga 9 November 2023. Terpantau, sejumlah wilayah akan diguyur hujan sedang hingga lebat.

BMKG mengatakan hal ini dipengaruhi adanya aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator diprakirakan aktif di wilayah Aceh, Maluku, dan Papua dalam sepekan ke depan. Gelombang atmosfer Kelvin juga terpantau berada di wilayah Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

“Sehingga, faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut,” ungkap BMKG, dikutip Jumat (3/11/2023).

Selain itu, BMKG juga mendeteksi adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Selat Malaka, di Laut Natuna, di perairan utara papua dan di Papua bag selatan yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Selat Malaka bagian utara, dari Sumatra Utara hingga Semenanjung Malaysia, di Laut Cina Selatan, dari Kalimantan Barat bag utara hingga Kalimantan Utara, di Papua Barat dan di Papua.



“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik, maupun di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” kata BMKG.

BMKG melaporkan berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.
“Faktor cuaca global dan regional di sebagian besar wilayah Indonesia memengaruhi cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan. Pada sepekan ke depan sebagian wilayah Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi bagian Tengah, dan Papua,” ujarnya.



BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan sebagainya dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohontumbang, dan jalan licin dalam satu minggu kedepan.

Berikut wilayah Indonesia yang berpotensi hujan sepekan ke depan per 3 hingga 9 November 2023:

3 - 4 November 2023 : Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

5 - 6 November 2023 : Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

7 - 9 November 2023 : Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Papua.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)