3 Panglima TNI Era Jokowi yang Berasal dari TNI AD, Salah Satunya Punya Masa Jabatan Terlama

Kamis, 02 November 2023 - 16:35 WIB
loading...
3 Panglima TNI Era Jokowi yang Berasal dari TNI AD, Salah Satunya Punya Masa Jabatan Terlama
Terdapat tiga Panglima TNI dari Angkatan Darat yang menjabat selama masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga Panglima TNI dari Angkatan Darat yang menjabat selama masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Salah satunya punya masa jabatan terlama.

Selama masa kepresidenan Joko Widodo sudah ada total lima Panglima TNI yang menjabat. Mulai dari Jenderal TNI Moeldoko hingga saat ini adalah Laksamana Yudo Margono.

Dari lima Panglima TNI yang menjabat, tiga di antaranya berasal dari Angkatan Darat, satu dari Angkatan Udara, dan satu dari Angkatan Laut.

Angkatan Darat sendiri memang terkenal sebagai matra yang kerap menyumbangkan namanya sebagai Panglima TNI. Tak heran jika di era Presiden Joko Widodo, matra tersebut menjadi yang paling banyak menyumbangkan namanya sebagai pemimpin tertinggi TNI.

Panglima TNI Era Jokowi yang Berasal dari TNI AD


1. Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko

3 Panglima TNI Era Jokowi yang Berasal dari TNI AD, Salah Satunya Punya Masa Jabatan Terlama


Jenderal Moeldoko telah menjabat sebagai Panglima TNI sejak 30 Agustus 2013, saat Presiden Joko Widodo belum terpilih sebagai Presiden. Namun, dirinya masih menjabat sebagai Panglima TNI ketika mantan Gubernur DKI Jakarta itu dilantik menjadi Presiden RI.



Jenderal Moeldoko menjabat sebagai Panglima TNI hingga 8 Juli 2015. Sebelum menjadi Panglima TNI, pria kelahiran 8 Juli 1957 tersebut sempat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan darat sejak 20 Mei 2013.

Usai pensiun dari militer, Jenderal Moeldoko lantas masuk ke dunia politik dan sempat dinobatkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada tahun 2020 lalu.

Saat ini purnawirawan asal Kediri itu tengah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia. Jabatan tersebut diemban sejak 17 Januari 2018 dalam Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)