3 Calon Terkuat KSAD: Suharyanto, Nyoman Cantiasa, dan Maruli Simanjuntak

Kamis, 02 November 2023 - 14:36 WIB
loading...
3 Calon Terkuat KSAD: Suharyanto, Nyoman Cantiasa, dan Maruli Simanjuntak
(Kiri ke kanan) Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Koorsahli) KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, dan Kepala BNPB Letjen Suharyanto menjadi calon kuat KSAD menurut Ketua Komisi DPR Meutya Hafid. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyebut ada tiga kandidat terkuat pengganti Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ). Agus Subiyanto akan meninggalkan jabatan KSAD karena diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Ketiga kandidat KSAD itu adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, dan Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak.

"Ada beberapa nama, Pak Maruli salah satu yang kuat, ada Pak Suharyanto Kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantiasa," kata Meutya saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023).



Bahkan, kata Meutya, calon KSAD bisa lenih dari tiga. "Enggak tertutup kemungkinan ada lagi yang lain," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengaku pihaknya telah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait usulan pengganti calon Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono. Hal itu disampaikan Puan usai Sidang Paripurna, Selasa (31/10/2023).

"Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, Msi yang saat ini menjabat sebagai KSAD," kata Puan saat jumpa pers di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta.

Puan menjelaskan, pihaknya akan menindaklanjuti usulan tersebut sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Ia pun berharap, proses pergantian calon Panglima TNI bisa berjalan dengan lancar.



"Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga penggantian atau Panglima TNI yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan Panglima TNI yang akan datang," kata Puan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)