alexa snippet

Ketua MPR: Film G30S PKI Penting untuk Pembelajaran

Ketua MPR: Film G30S PKI Penting untuk Pembelajaran
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai pemutaran film G30S PKI penting untuk pembelajaran agar peristiwa kelam itu tidak kembali terulang. Maka itu, dirinya mendukung pemutaran film tersebut.

"Soal pro kontra itu kan urusan para sejarawan saja, tapi bahwa ini diperingati untuk pembelajaran agar sejarah Indonesia jangan terjadi kembali, kan bagus," kata Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Adapun film itu memiliki berbagai versi, dia menyarankan agar cukup didiskusikan. "Tapi yang paling penting orang sudah sampai ke bulan, orang sudah sampai kemana-mana, kita masih nanti kejadian lagi, kejadian lagi, kapan majunya," ujarnya.

Dirinya pun lantas mengutip pernyataan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. "Mbak Mega bilang poco-poco, maju lagi, mundur lagi. Sejarah kelam ini agar kita tahu dan jangan sampai terulang lagi," ungkapnya.

Dirinya pun mengapresiasi usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar film itu diperbarui, sehingga mempermudah generasi milenial memahami pesan yang disampaikan. "Kalau mau bikin film baru sesuai dengan perkembangan zaman kan bagus, anak-anak muda," imbuhnya.

Sebab, dia mengakui masih banyak generasi muda yang tidak mengetahui sejarah bangsa ini. Hal itu diketahuinya saat sosialisasi empat pilar di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur kemarin.

"Dia tahunya mereka belajar, kita pintar, cari uang, ya itu kita senang-senang, kan hak kita, soal orang miskin dan lainnya bukan urusan kami, kami yang penting bayar pajak. Ini kan enggak salah juga karena mereka enggak tahu sejarah," pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top