Rieke Diah Pitaloka: Perjuangkan Kemerdekaan Palestina Bukan Bangunkan Sel Terorisme

Kamis, 02 November 2023 - 07:40 WIB
loading...
Rieke Diah Pitaloka: Perjuangkan Kemerdekaan Palestina Bukan Bangunkan Sel Terorisme
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Rieke Diah Pitaloka menegaskan bahwa perjuangan kemerdekaan Palestina bukan bertujuan untuk membangunkan sel-sel teroris di dunia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Rieke Diah Pitaloka menegaskan bahwa perjuangan kemerdekaan Palestina bukan bertujuan untuk membangunkan sel-sel teroris di dunia. Dia mengatakan, perjuangan kemerdekaan Palestina hanya untuk memerdekakan negara tersebut dari penjajahan Israel.

"Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," kata Rieke mengutip Pembukaan UUD 1945, Rabu (1/11/2203).

Dia menekankan bahwa menjadi bagian perjuangan kemerdekaan bagi rakyat dan bangsa Palestina adalah bagian dari amanat konstitusi. Hal itu juga merupakan amanat para pendiri bangsa Indonesia.



Dia juga meminta agar semua pihak berhenti membuat pernyataan yang justru membangunkan sel terorisme. “Mohon dengan segala kerendahan hati pada siapa pun, jangan menggunakan tragedi kemanusiaan di Gaza sebagai pengalihan isu adanya indikasi tragedi konstitusi di Mahkamah Konstitusi,” tuturnya.

Hal tersebut dikatakan Rieke menanggapi pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengingatkan bahwa perang Israel dan Hamas dapat membangkitkan sel-sel terafiliasi dengan teroris di Indonesia. Diberitakan sebelumnya, Sigit mengatakan, dampak perang Palestina dengan Israel membangkitkan sel-sel tidur terorisme di Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan tertangkapnya 57 terduga teroris di sejumlah wilayah di Indonesia seperti di DKI Jakarta dan Jawa Barat. "Dampak dari perang Israel-Palestina membangkitkan sel-sel tidur yang terafiliasi dengan teroris dan mau tidak mau kita tentunya harus waspada," kata Sigit saat Apel Kasatwil 2023 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (1/11/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4391 seconds (0.1#10.140)