Pangdam III/Siliwangi yang Kariernya Melejit Jadi KSAD, Nomor 1 Calon Panglima TNI yang Jago Menembak

Kamis, 02 November 2023 - 05:41 WIB
loading...
Pangdam III/Siliwangi yang Kariernya Melejit Jadi KSAD, Nomor 1 Calon Panglima TNI yang Jago Menembak
Komando Daerah Militer III/Siliwangi atau disingkat Kodam III/SLW banyak melahirkan Pati TNI yang berkarier cemerlang. Salah satunya adalah KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto. Foto/TNI AD
A A A
JAKARTA - Komando Daerah Militer III/Siliwangi atau disingkat Kodam III/SLW banyak melahirkan Perwira Tinggi (Pati) TNI yang berkarier cemerlang. Sejumlah nama yang pernah menduduki jabatan Pangdam Siliwangi kariernya melesat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) .

Dikutip dari situs resmi TNI, tercatat ada 6 sosok Pangdam Siliwangi yang berhasil menduduki posisi sebagai orang nomor satu di TNI AD. Tak diragukan, enam jenderal bintang empat tersebut memiliki rekam jejak dan sepak terjang yang mumpuni.



Yang terbaru adalah Pangdam Siliwangi Periode 2021-2022 Jenderal TNI Agus Subiyanto yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Istana Negara, Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023. Bahkan, Agus Subiyanto kembali diajukan Presiden Jokowi menjadi calon Panglima TNI ke Komisi I DPR belum lama ini.

Jika dilihat, karier sejumlah Pangdam Siliwangi tak hanya berakhir menjadi KSAD. Beberapa nama bahkan berhasil menduduki pucuk pimpinan tertinggi TNI dengan menjadi Panglima TNI.

Pangdam III/Siliwangi yang Kariernya Melejit Jadi KSAD

1. Jenderal TNI Agus Subiyanto

Agus Subiyanto merupakan mantan Pangdam Siliwangi terbaru yang berhasil menembus bintang empat. Pada Rabu 25 Oktober2023 lalu, mantan Wakasad ini dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Istana Negara, Jakarta.

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1991 ini menjabat sebagai Wakil KSAD atau Wakasad sejak 4 Februari 2022. Agus Subiyanto mendapatkan amanah sebagai Wakasad berdasarkan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/66/1/2022 tertanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Prajurit yang berpengalaman di bidang Infanteri (Kopassus) itu menggantikan Letjen TNI Bakti Agus Fadjari yang menduduki jabatan sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI.

Lahir di keluarga militer, Agus Subiyanto menempuh pendidikan seperti anak lain pada umumnya. Pria kelahiran 5 Agustus 1967 itu belajar di SDN Baros Mandiri 4 Cimahi, Jawa Barat dari 1974 hingga 1980. Lulus SD, putra Serka (Purn) Deddy Unadi itu kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMPN 2 Cimahi (1980-1983) dan diteruskan ke SMAN 13 Bandung (1983-1986).

Selepas SMA, Agus Subiyanto ingin mengikuti jejak ayahnya sebagai tentara. Ia pun melanjutkan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) dan lulus pada 1991.

Agus kemudian mengikuti Kursus Dasar Kecabangan (Sussarcab) Infanteri dan masuk dalam anggota Kopassus. Agus mengawali karier militernya sebagai Kasiops Sektor A di Timor Timur, kemudian menjadi Danyon 22 Grup 2 Kopassus, hingga menjadi Kepala Penerangan Kopassus.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)