Parpol Punya Kontribusi Besar dalam Terjadinya Korupsi

Jum'at, 15 September 2017 - 18:50 WIB
Parpol Punya Kontribusi Besar dalam Terjadinya Korupsi
Parpol Punya Kontribusi Besar dalam Terjadinya Korupsi
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menyadari pentingnya peran partai politik (parpol) dalam mencegah terjadinya korupsi di Indonesia.

Hal itu dikatakan Sekjen Perindo, Ahmad Rofiq, saat memberi sambutan diskusi "Sistem Integritas Partai Politik" (Sistem Etik, Rekrutmen dan Kaderisasi serta Pendanaan Partai Politik) yang digelar bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Kantor DPP Perindo, Jumat (15/9/2017).

Menurut Ahmad Rofiq, parpol memiliki kontribusi paling besar dalam membentuk perilaku kader, oleh karena itu apabila terjadi penyimpangan maka partai harus segera berkaca diri.

"Partai punya kontribusi besar dalam kejadian praktik korupsi, bahkan saya sebut pintu masuk korupsi adalah partai, karena parpol yang mempola perilaku politik yang terkait individu di dalamnya," kata Rofiq.

Menurut Rofiq, dibutuhkan sebuah sistem yang kuat di sebuah parpol untuk menghasilkan kader yang berkualitas dan antikorupsi. Selain itu, sistem juga dibentuk untuk menghindari peluang terjadinya pelanggaran.

Misalnya menurut Rofiq, yang ramai hari ini ada pilkada, kemudian pileg, jangan lagi ada kandidat yang ingin dapat rekomendasi parpol lalu dihadapkan angka.

"Itu sesungguhnya memengaruhi perilaku politik seseorang, ketika dia terpilih, membuat satu tindakan ingin mengembalikan modal politik. Selama partai tidak membarui perilaku, maka baik di parlemen maupun birokrasi tidak akan berhenti (korupsi)," tutur Rofiq.

Perindo sendiri menurut Rofiq hadir untuk mengubah tradisi buruk tersebut dengan membawa harapan, agar integritas di dalam parpol tetap ada dan membuktikan bahwa dengan pengkaderan yang berjenjang akan menghasilkan politisi yang antikorupsi.

"Karena sistem integritas partai terkait bagaimana kita membentuk proses rekrutmen terjaga. Maka Perindo sejak dilahirkan sudah membuat pembentukan pengkaderan tersebut," tandas Rofiq.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2045 seconds (0.1#10.140)