Undang 3 Cawapres Diskusi, Wapres Ma’ruf Amin: Kita Redam Konflik di Bawah

Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:19 WIB
loading...
Undang 3 Cawapres Diskusi, Wapres Ma’ruf Amin: Kita Redam Konflik di Bawah
Wapres Ma’ruf Amin dijadwalkan akan melakukan diskusi dengan tiga cawapres salah satunya untuk meredam konflik di masyarakat jelang Pilpres 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dijadwalkan akan melakukan diskusi dengan tiga calon wakil presiden (cawapres) . Diskusi ini bertujuan meredam konflik di masyarakat jelang Pilpres 2024.

Kendati demikian, Wapres mengatakan masih mengatur jadwal pertemuan dengan tiga cawapres yakni Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka. Sebelumnya, dikabarkan pertemuan itu diagendakan akan berlangsung pada Rabu 1 November 2023.



“Ya tentu pembicaraannya tentu kita meredam konflik di bawah. Bagaimanapun kan di bawah itu bagaimana dari atasnya, dari kontestan ini, baik itu partai pendukung, calon presiden, calon wakil presiden, maupun juga tim pemenangan masing-masing,” ujar Wapres dalam keterangan resminya usai menghadiri acara di Jambi, Selasa (31/10/2023).

Wapres pun menegaskan jika tensi bisa ditekan maka Pemilu 2024 akan berjalan dengan damai dan tidak akan timbul masalah. “Nah ini kalau ini bisa tensinya bisa (ditekan) artinya kita suasananya suasana yang penuh damai, itu dingin, Insya Allah pemilu kita tidak menimbulkan masalah saya kira itu,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah melakukan pertemuan dengan calon presiden (capres) di Istana Merdeka, kemarin. Merespons hal ini, Wapres mengatakan bahwa Presiden sebagai Kepala Negara ingin agar kontestasi lima tahunan itu bisa berjalan tanpa ada pembelahan.

“Saya kira Presiden tentu sebagai Kepala Negara ya menghendaki dalam rangka kontestasi itu tidak terjadi pembelahan. Jadi Presiden akan terus, artinya memberikan pengertian supaya para kontestan itu bertarung secara fair, ya secara jujur tidak membuat sesuatu yang bisa menimbulkan konflik di masyarakat,” papar Wapres.

Selain itu, Wapres mengatakan ada kesepakatan dari para kontestan agar khususnya menghindari hoaks sehingga pemilu berjalan sesuai dengan koridor.



“Jadi menghindari menghindari hoaks, itu saya kira. Jadi itu semacam juga kesepakatan-kesepakatan untuk dalam rangka pemilu ini apa namanya itu sesuai dengan koridor, itu saya kira,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)