Pekan Depan KPU Pertajam Pemahaman Parpol tentang Sipol

Jum'at, 08 September 2017 - 16:28 WIB
Pekan Depan KPU Pertajam Pemahaman Parpol tentang Sipol
Pekan Depan KPU Pertajam Pemahaman Parpol tentang Sipol
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar simulasi ketiga penggunaan sistem informasi partai politik (sipol). Kegiatan yang akan dilakukan pada Senin (12/9) tersebut diharapkan bisa mempertajam pemahaman partai akan penggunaan sipol tersebut.

“Rencananya Senin (12/9) akan ada pertemuan untuk membahas sipol ini, ujicoba ketiga dengan parpol. Parpol agar juga mempersiapkan,” ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari saat dihubungi Jumat (8/9/2017).

Hasyim menjelaskan, di dalam Undang-undang (UU) sendiri diatur bahwa penetapan partai politik peserta pemilu 14 bulan sebelum hari pemungutan suara. Kondisi ini menurut dia membutuhkan komitmen yang tinggi dari semua pihak untuk mempersiapkannya dengan baik. “Karena ini kegiatan untuk menentukan peserta pemilu dan kegiatan ini waktunya dibatasi. Artinya dengan begitu penyelenggara dan parpol menyiapkan diri,”tuturnya.

Hasyim melanjutkan bahwa hal dalam proses pengisian sipol membutuhkan kelengkapan dokumen yang cukup banyak. Termasuk menyiapkan anggota yang didaftarkan sebagai syarat untuk menjadi peserta pemilu. “Oleh karena itu banyak orang karena disatu sisi penyelenggara sampai verifikator di lapangan, di sisi lain parpol mengerahkan sumberdayanya yang maksimal,” kata Hasyim.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3695 seconds (0.1#10.140)