Usut Dugaan Pelanggaran Etik, Dewas KPK Gali Pertemuan Firli dengan SYL

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 14:36 WIB
loading...
Usut Dugaan Pelanggaran Etik, Dewas KPK Gali Pertemuan Firli dengan SYL
Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah memeriksa eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Hal ini terkait kasus dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Dewan Pengawas ( Dewas ) Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) telah memeriksa eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) . Hal ini terkait kasus dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK.

Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris menyatakan, tidak bisa membeberkan secara rinci ihwal apa saja yang diklarifikasi kepada politikus Partai Nasdem itu.

"Intinya, Dewas itu menggali dugaan pertemuan antara Pak SYL dengan Pak FB, di mana saja, kapan saja, berapa kali, dan seterusnya," kata Haris di Kantor Dewas KPK, Jalan HR Rasuna Said Kav C1, Karet, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2023).

Haris menjelaskan, pihaknya saat ini mendalami dua pelanggaran etik, yakni dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK dan dugaan pertemuan Pak FB dengan Pak SYL di suatu lapangan bulutangkis.



Untuk itu, pihaknya akan memanggil beberapa saksi termasuk ajudan yang bersangkutan dan dua tersangka lain dalam perkara dugaan korupsi di lingkungan Kementan.

"Kemungkinan kita bukan hanya memanggil mantan ajudan Pak FB, tapi juga ajudan Pak SYL. Mungkin juga kita akan memanggil dua tersangka kasus Kementan yang sudah ditahan KPK, Pak Sekjen (Kasdi Subagyono) dan salah satu direktur di Kementan (Direktur Alat dan Mesin Kementan Muhammad Hatta)," ucapnya.

Sekadar informasi, beredar foto Ketua KPK, Firli Bahuri dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulutangkis. Dari foto yang beredar tersebut, tampak pucuk pimpinan KPK sedang asyik ngobrol dengan politikus Nasdem tersebut.

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga baju berwarna biru gradasi dan setelan celana pendek sedang duduk santai sambil menatap ke arah SYL. Sementara SYL, tampak mengenakan kemeja lengan pendek bercorak warna hitam dengan setelan celana jeans.

SYL juga tampak sedang ngobrol dengan Firli. Keduanya terlihat berdiskusi di kursi panjang yang terbuat dari semen di pinggir lapangan bulutangkis atau badminton.

Namun belum diketahui dengan pasti lapangan badminton mana yang menjadi pertemuan keduanya. Dikabarkan, lokasi GOR badminton tempat pertemuan SYL dan Firli berada di kawasan Mangga Besar, Jakarta.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4096 seconds (0.1#10.140)