Kapolda Jabar Kariernya Melejit hingga Jadi Kapolri, Nomor 2 Raih Dua Bintang dalam 18 Hari

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Pada 1996, Sutarman mendapat promosi menjadi Kapolres Lombok. Selanjutnya menjadi Kapolres Metro Bekasi, Ajudan Presiden RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Kapolrestabes Palembang, Dirreskrim Polda Jatim, dan Kapolwiltabes Surabaya.

Sutarman diserahi tugas dengan teritori lebih luas sebagai Kapolda Kepulauan Riau pada 2005. Tiga tahun kemudian ia dimutasi menjadi Kaselapa Lemdiklat Polri sebelum akhirnya diangkat menjadi Kapolda Jawa Barat pada 2010. Namun tak lama kemudian, ia dipindah menjadi Kapolda Metro Jaya. Setahun kemudian dimutasi menjadi Kabareskrim Polri. Pada 2013, Sutarman dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden SBY.

Namun di awal Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkuasa, Sutarman diberhentikan dari jabatan Kapolri 9 bulan lebih awal dari jadwal usia pensiuannya. Ia digantikan oleh Badrodin Haiti yang saat itu menjabat sebagai Wakapolri.

Sutarman menerima pemberhentian dirinya sebagai Kapolri. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukungnya selama bertugas.

"Saya berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungannya selama saya menjabat sebagai Kapolri," kata Sutarman di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat, 16 Januari 2015.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)