Survei Indikator Politik: Kepercayaan Publik ke Kejaksaan Tertinggi Tembus 75,1 persen

Kamis, 26 Oktober 2023 - 21:00 WIB
loading...
Survei Indikator Politik: Kepercayaan Publik ke Kejaksaan Tertinggi Tembus 75,1 persen
Tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencapai 75,1 persen berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencapai 75,1 persen berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Angka ini paling tinggi jika dibandingkan dengan lembaga penegak hukum lain.

Survei Indikator dilakukan dalam rentang 16-20 Oktober 2023, menempatkan 2.567 responden melalui wawancara tatap muka secara langsung, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

“Jika melihat data, Kejaksaan berada di posisi tertinggi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Hendro Prasetyo saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Peta Elektoral Pascapengumuman Putusan MK’ secara virtual, Kamis (26/10/2023).

Menurut Hendro, di belakang Kejaksaan ada pengadilan yang mendapatkan 73 persen. Menyusul Polri 72 persen, lalu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 67 persen.

Secara keseluruhan, Korps Adhyaksa pimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin menjadi lembaga negara dengan tingkat kepercayaan publik tertinggi keempat. Temuan Indikator, di posisi pertama masih ditempati TNI dengan 93,7 persen.

“Di posisi kedua lembaga negara yang paling dipercaya publik, menyusul presiden dengan 90,4 persen dan Mahkamah Konstitusi (79 persen), baru Kejaksaan yang mendapatkan 75,1 persen,” ungkap Hendro.

Ada beberapa alasan yang melatari tingginya kepercayaan publik terhadap kerja-kerja Kejaksaan. Salah satu yang menjadi alasan yakni keberhasilan Kejaksaan di bawah komando ST Burhanuddin dalam mengungkap kasus-kasus korupsi, terutama yang melibatkan kementerian.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)