Atasi Kebrutalan KKB, Aparat Lakukan Pengamanan dan Evakuasi

Selasa, 24 Oktober 2023 - 06:14 WIB
loading...
Atasi Kebrutalan KKB, Aparat Lakukan Pengamanan dan Evakuasi
Aparat gabungan melakukan pengamanan dan evakuasi untuk mengatasi tindakan brutal KKB Papua yang menyerang para pekerja puskesmas di Kepala Air, Kabupaten Puncak, Papua. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pembangunan fasilitas umum di Papua semakin tersendat akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Terakhir, KKB menyerang para pekerja puskesmas di Kepala Air, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis 19 Oktober 2023.

Berdasarkan klaim Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap XVI Yahukimo, serangan tersebut mengakibatkan satu orang pekerja tewas, dua orang dalam keadaan kritis. Sedangkan 19 pekerja lainnya dilaporkan selamat.

Kejadian itu di kawasan penambangan Kali I Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin 16 Oktober 2023. Tim Damai Cartenz dan Polres Yahukimo telah mengevakuasi 52 pendulang emas. Termasuk tujuh orang yang meninggal akibat ditembak KKB.

Sebelumnya, KKB menuding bahwa di antara para pendulang emas terdapat intelejen TNI-Polri yang menyamar. Tudingan tersebut yang memicu terjadi penyerangan terhadap warga sipil di lokasi penambangan.

Klaim itu disampaikan oleh anggota KKB Papua yang terlibat dalam penyerangan ke lokasi kejadian. Peristiwa itu terekam dalam sebuah video yang disebarkan melalui media sosial. Dalam video tersebut, KKB mengklaim berhasil menembak mati intelejen yang menyamar sebagai pendulang emas.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, selain korban tewas, terdapat juga dua pekerja bangunan Puskesmas yang terkena anak panah.

"Kamis siang telah terjadi penyerangan terhadap para pekerja pembangunan Puskesmas Kepala Air Kabupaten Puncak, 19 orang pekerja berhasil selamat, dua terkena panah dan satu meninggal dunia," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (24/10/2023).

Tim Damai Satgas Cartenz berhasil mengevakuasi 23 pekerja ke Timika, Jumat. Jenazahnya akan diterbangkan ke Toraja melalui Makassar, Sabtu 21 Oktober 2023.

Tak hanya pekerja puskesmas, kebrutalan KKB menyasar warga sipil lain Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, dan Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Berdasarkan keterangan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, aksi penembakan yang dilakukan KKB terhadap para pendulang emas menyebabkan tujuh orang meninggal dunia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)