Pengamat UI Nilai Sangat Mungkin Ganjar-Mahfud Raih Dukungan Mayoritas Anak Muda

Selasa, 24 Oktober 2023 - 02:05 WIB
loading...
Pengamat UI Nilai Sangat Mungkin Ganjar-Mahfud Raih Dukungan Mayoritas Anak Muda
Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Ganjar-Mahfud sangat mungkin meraih dukungan mayoritas anak muda pada Pilpres 2024. Foto: Dok MPI.
A A A
JAKARTA - Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai duet Ganjar Pranowo-Mahfud MD sangat mungkin meraih dukungan mayoritas anak muda. Untuk menggapai itu membutuhkan kerja-kerja politik yang intensif.

"Perlu kerja-kerja politik yang intens untuk meyakinkan pemilih dari kalangan kaum muda. Ini soal mampu atau tidak membangun pesan. Biasanya pemilih muda sangat visioner dan cenderung melihat hal-hal yang bersifat rasional dan proven," ujar Ade, Senin (23/10/2023).



Menurut dia, diperlukan juga visi misi yang sejalan dengan kebutuhan kaum muda lalu diterjemahkan menjadi program-program yang terukur dan rasional. Ganjar-Mahfud juga perlu merancang program yang orientasinya membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi kaum muda.

Beberapa waktu lalu saat menghadiri deklarasi kaum muda, Ganjar menyampaikan keinginannya melamar seluruh pemuda Indonesia untuk bergabung bersama Ganjar-Mahfud demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Lamaran itu merupakan penanda bahwa Ganjar-Mahfud menyadari pentingnya memenangkan dukungan kaum muda.

"Pemilih muda ada lebih dari 52 persen. Ini menunjukkan keseriusan mereka untuk menggarap segmentasi dari pemuda sebagai basis potensial yang memiliki kontribusi besar dari perolehan suara mereka," katanya.

Ganjar pun optimistis meraih dukungan mayoritas pemilih milenial dan gen Z. Menurut mantan Gubernur Jateng itu, dukungan generasi muda merupakan salah satu kunci mencapai tujuan bersama yakni Indonesia unggul.

Sementara, Mahfud MD mengatakan Pilpres 2024 merupakan pesta demokrasi bagi anak muda. Sebab, suara mereka lebih dari 60 persen dari total pemilih.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)