Berseragam Banser di Apel Hari Santri, Menag Yaqut Bikin Kaget Jokowi

Minggu, 22 Oktober 2023 - 15:36 WIB
loading...
Berseragam Banser di Apel Hari Santri, Menag Yaqut Bikin Kaget Jokowi
Menag Yaqut Cholil Qoumas mengenakan seragam Banser menyambut Presiden Jokowi saat apel bersama Hari Santri di Lapangan Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Minggu (22/10/2023). FOTO/DOK.KEMENAG
A A A
SURABAYA - Puncak peringatan Hari Santri 2023 ditandai dengan apel bersama di Lapangan Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Minggu (22/10/2023). Acara yang diikuti puluhan ribu peserta dari kalangan santri ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sekaligus bertindak sebagai pembina upacara.

Apel kali ini tak biasa. Selain para peserta mayoritas bersarung dan berbaju serba putih, ada beberapa orang yang mengenakan seragam khusus Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Ini membuat banyak orang pangling bahkan sulit mengenalnya.

Kekagetan ini pulalah yang juga dialami oleh Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia ini tak menyangka karena di antara yang mengenakan seragam Banser itu adalah Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.



"Yang saya hormati Menteri Agama Bapak Yaqut Cholil Qoumas. Tadi di depan, saya kaget. Saya kira Komandan Kopassus (Komando Pasukan Khusus)," ujar Jokowi saat mengawali sambutannya yang langsung disambut geerr para peserta apel.

Mendengar pengakuan langsung dari Presiden Jokowi itu, Menag Yaqut yang tengah duduk beberapa meter di belakangnya tak luput ikut tersenyum. Demikian pula istrinya, Eny Retno Yaqut, Ibu Negara Iriana Jokowi, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut tersenyum.

Pada Apel Hari Santri 2023, Menag Yaqut tampak lebih mencolok dibandingkan para tokoh lainnya yang duduk di panggung. Jika para pejabat, tokoh, dan undangan mengenakan baju putih seperti Rais Aam Nahdlatul Ulama KH Miftachul Achyar dan Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Menag Yaqut mengenakan baju loreng lengkap Banser.

Sebelum ke panggung, ia menyambut dan memberi hormat khusus kepada Presiden Jokowi setiba di lokasi. Awalnya Jokowi menyalami warga yang berupaya mendekat. Tak lama kemudian Menag Yaqut menyambut hangat.

"Lho...lho..lho..saya kira Danjen Kopassus," ujar Presiden Jokowi seperti diceritakan oleh Sekretaris Menag Sidik Sisdiyanto yang menyaksikan langsung peristiwa unik ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)