Survei: Ganjar Penuhi Kriteria Publik, Jujur dan Bersih dari Korupsi

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 16:50 WIB
loading...
Survei: Ganjar Penuhi Kriteria Publik, Jujur dan Bersih dari Korupsi
Capres dan Cawapres yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto/Aziz Indra
A A A
JAKARTA - Calon presiden yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo memenuhi kriteria calon pemimpin yang diinginkan publik di Pilpres 2024. Hal ini terpotret dalam hasil survei yang dirilis oleh Lembaga Indikator Politik Indonesia pada awal Oktober 2023.

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi menyampaikan, pihaknya terlebih dahulu menanyakan kriteria apa saja yang harus dimiliki calon pemimpin Indonesia.

"Jujur, bersih dari korupsi paling menonjol (angkanya) 49 persen. Kemudian perhatian pada rakyat 20,9 persen, berpengalaman dalam politik dan pemerintahan 9,8 persen dan tegas 7,5 persen," kata Burhanuddin dalam paparan hasil surveinya secara daring, Jumat (20/10/2023).



Kemudian, Indikator coba merincikan dari masing-masing kriteria yang paling banyak diinginkan publik tersebut dengan tiga tokoh bakal calon presiden (Bacapres) yang saat ini berkembang, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

"Ganjar unggul dari kriteria jujur dan dan bersih dari korupsi (angkanya) 38,1 persen. Kemudian disusul Prabowo 34,5 persen dan Anies 22,6 persen," ujarnya.

Untuk kriteria perhatian kepada rakyat, Ganjar kembali unggul dengan angka 38,6 persen. Disusul, Prabowo 34,6 persen dan Anies 20,1 persen.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu kembali unggul dalam kriteria berpengalaman dalam politik dan pemerintahan. Ganjar memperoleh angka sebesar 34,9 persen.

Sementara, Prabowo Subianto menempati peringkat kedua dengan persentase 33 persen. Disusul, Anies Baswedan dengan angka 29,9 persen.

Untuk diketahui, survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada tanggal 2-10 Oktober 2023 kemarin dengan menggunakan wawancara tatap muka langsung. Dalam survei ini, jumlah sampel basis sebanyak 1.200 orang yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling.

Dengan jumlah sampel tersebut, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)