Pemerintah Masih Kesulitan Evakuasi WNI di Jalur Gaza

Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:05 WIB
loading...
Pemerintah Masih Kesulitan Evakuasi WNI di Jalur Gaza
Warga mencari korban di bawah reruntuhan rumah yang hancur dihantam bom Israel di Khan Younis, Gaza Selatan, Palestina, Kamis (19/10/2023). Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih kesulitan mengevakuasi warga negara Indonesia ( WNI ) dari Jalur Gaza. Hal itu karena situasi terkini konflik Israel-Hamas dirasa sangat sulit untuk melakukan evakuasi tersebut.

"Upaya evakuasi WNI kita di Gaza setiap hari terus diupayakan. Namun karena situasi yang masih sangat sulit, maka evakuasi belum dapat dilakukan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya yang ditayangkan YouTube MoFA Indonesia, Kamis (19/10/2023).

Retno mengaku hampir setiap hari melakukan komunikasi dengan wakil WNI di Gaza. Dirinya juga melakukan komunikasi dengan Komite Internasional Palang Merah atau International Committee of the Red Cross (ICRC) untuk membantu evakuasi.





"Komunikasi kembali dengan Presiden ICRC saya lakukan kembali sebelum saya tiba di Jeddah. Semua upaya akan kita lakukan untuk dapat melakukan evakuasi WNI dengan selamat," kata Retno.

Indonesia, kata Retno, menekankan organisasi kerja sama Islam (OKI) harus mengirim pesan kuat sekaligus memobilisasi dukungan internasional untuk mengatasi situasi di Gaza.

"Indonesia mengingatkan kembali bahwa OKI didirikan untuk membebaskan bangsa Palestina. Sekarang waktunya bagi OKI untuk bertindak dan kita harus bertindak bersama-sama," ungkapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5325 seconds (0.1#10.140)