Jika Prabowo Gandeng Gibran, Ini 3 Sosok Tepat Dampingi Ganjar

Minggu, 15 Oktober 2023 - 08:49 WIB
loading...
Jika Prabowo Gandeng Gibran, Ini 3 Sosok Tepat Dampingi Ganjar
Ganjar Pranowo memiliki tiga kandidat terkuat bacawapres dalam Pilpres 2024, tergantung fokus mana yang akan dikejar. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siapa cawapres yang tepat mendampingi Ganjar Pranowo jika Prabowo Subianto berpasangan dengan Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024? Founder GoGo Bangun Negeri Emrus Sihombing menilai Ganjar Pranowo memiliki tiga kandidat terkuat bacawapres, tergantung fokus mana yang akan dikejar.

Menteri Koordinator Bidang Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD merupakan sosok terkuat menjadi pendamping Ganjar Pranowo. "Mahfud menjadi paling cocok mendampingi Ganjar jika fokusnya adalah penegakan hukum dalam pemerintahan untuk lima tahun ke depan," katanya di Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Menurut dia, jika Ganjar mengejar penuntasan persoalan penegakan hukum maka Mahfud adalah tokoh yang pas karena memiliki kapabilitas, integritas, dan keberanian penegakan hukum. Selain itu, Mahfud kuat dari sisi akademik dan cocok menjadi pendamping jika orientasi fokus ke penegakan hukum. "Pemerintahan Jokowi bagus di sisi lain dan memang untuk penegakan hukum baik," ujarnya.

Dia yakin jika Ganjar menggandeng Mahfud maka pasangan tersebut memberikan program penegakan hukum yang lebih baik. Selain itu jika ingin fokus pada pertahanan, keamanan dan hubungan luar negeri, Emrus menilai sosok yang pas adalah Andika Perkasa .

Kemudian jika fokus dengan persoalan ekonomi maka Sandiaga Uno menjadi tokoh yang pas karena kekuatannya di sana dan juga memiliki partai yang mengusung dirinya tergabung dalam koalisi. "Untuk Erick Thohir mendampingi Ganjar kecil kemungkinan karena tidak tergabung dalam koalisi," lanjutnya.

Emrus menilai elektoral Mahfud, Sandiaga, dan Andika tidak memilki perbedaan yang signifikan sehingga tidak memberikan perbedaan elektoral. Namun dia mengingatkan siapapun bacawapres yang akan dipilih Ganjar, yang paling penting adalah program apa yang ditawarkan dalam visi misi dalam lima tahun ke depan. ”Program yang disampaikan dalam kampanye akan menjadi pendulang suara dalam pemilu nanti,” tandasnya.

Diketahui, isu Gibran yang juga kader PDIP menjadi bacawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 semakin menguat. Bahkan struktur Partai Gerindra di daerah, organisasi sayap Partai Gerindra maupun beberapa relawan partai banyak yang mendeklarasikan Prabowo berpasangan dengan Gibran.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4714 seconds (0.1#10.140)