Ganjar Paling Banyak Dipilih Nahdliyin di Jatim, SMRC: Jokowi Jadi Faktor Kunci

Kamis, 12 Oktober 2023 - 16:26 WIB
loading...
Ganjar Paling Banyak Dipilih Nahdliyin di Jatim, SMRC: Jokowi Jadi Faktor Kunci
Ganjar Pranowo menjadi Calon Presiden (Capres) yang akan dipilih oleh warga Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Jawa Timur pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo menjadi Calon Presiden (Capres) yang akan dipilih oleh warga Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Jawa Timur pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hal ini terpotret dalam hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada September 2023 kemarin.

Pendiri SMRC Saiful Mujani mengungkap faktor yang membuat mantan Gubernur Jawa Tengah itu unggul dalam merebut hati Nahdliyin di Jawa Timur. Tak lain, kata dia, faktor sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi penentunya.



Menurutnya, kecenderungan pemilih NU pada pilpres ini mirip dengan kecenderungan mereka pada 2014 dan 2019 antara Jokowi dan Prabowo Subianto.

"Orang NU di Jawa Timur dan nasional umumnya adalah pemilih Jokowi. Di mata pemilih, yang mirip atau beririsan dengan Jokowi adalah Ganjar Pranowo," ujar Saiful dalam paparan hasil surveinya secara daring, Kamis (12/10/2023).

Saiful menegaskan jika melihat hasil survei ini bisa terungkap jelas bahwa warga NU di Jatim masih melihat apabila Ganjar merupakan sosok yang dianggap layak meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Karena itu wajar kalau sampai sekarang publik NU masih lebih cenderung ke Ganjar,” ucapnya.

Untuk diketahui, dalam data survei SMRC terlihat bahwa Ganjar berada di peringkat pertama dan jauh meninggalkan pesaingnya. Elektabilitas Ganjar memperoleh angka sebesar 45,4%.

Sementara, di peringkat kedua di tempati oleh Prabowo Subianto dengan memperoleh elektabilitas sebesar 25,4%. Sedangkan, Anies Baswedan berada di peringkat ketiga dengan memperoleh persentase sebesar 9,5%.



"Dengan atau tanpa pasangan, Ganjar Pranowo cenderung lebih unggul dibanding Prabowo dan Anies di kalangan anggota NU Jawa Timur," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)