Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

Kamis, 12 Oktober 2023 - 05:55 WIB
loading...
Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima laporan korps kenaikan pangkat delapan Perwira Tinggi (Pati) di Mabesau Cilangkap, Senin (17/10/2022). FOTO/DOK.TNI AU
A A A
JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) TNI AU berpangkat Marsekal Muda di mutasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada awal Oktober 2023. Dua di antaranya merupakan lulusan terbaik Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau).

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono kembali melakukan mutasi besar-besaran Pati TNI untuk semua matra pada 2 Oktober 2023. Mutasi itu didasarkan Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1127/X/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 156 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 75 Pati TNI AD, 36 Pati TNI AL, dan 45 Pati TNI AU," tulis Puspen TNI dalam keterangan resminya, Jumat (6/10/2023).



Dari 45 Pati TNI AU yang dimutasi pada awal Oktober 2023, tujuh di antaranya berpangkat Marsekal Muda (Marsda) TNI. Pangkat yang ditandai dengan dua bintang emas di pundak ini setingkat lebih tinggi dari Marsekal Pertama (Marsma) TNI dan setingkat lebih rendah dari Marsekal Madya (Marsdya) TNI. Marsda TNI setara dengan pangkat Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Angkatan Darat atau Laksamana Muda (Laksda) TNI Angkatan Laut.

Berikut ini Marsekal Muda yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023:

1. Marsda TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso MM, MTr (Han)

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/DOK.MABES TNI AU - kohanudnas.mil.id

Marsekal Muda pertama yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023 adalah Marsda TNI Tri Bowo Budi Santoso. Tenaga Ahli Pengajar Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) itu dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

Lulusan AAU 1989 itu mengawali karier militernya Pa DP Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta. Selanjutnya ia menjabat Pa Koharmatau, PA PNB Skadron udara 2 Wing I Halim Perdanakusuma, Kaurdal Skadron Udara 2, dan Komandan Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma. Tri Bowo Budi Santoso kemudian digeser menjadi Dosen di Seskoau sebelum dipercaya menjadi Dan Wing I Lanud Halim Perdanakusuma, dan Pabandya Kurdik Sesko TNI.

Prajurit TNI kelahiran Jakarta, 24 November 1965 tersebut ditunjuk menjadi Danlanud Balikpapan pada 2013. Kemudian ia dimutasi menjadi Aspers Kaskoopsau II dan Sesdislambangjaau. Lulusan Sesko TNI 2012 itu pecah bintang atau meraih pangkat Marsma TNI ketika dipromosikan menjadi Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas III) pada 2017. Setahun kemudian ia dimutasi menjadi Danlanud Silas Papare.

Pangkatnya kembali naik pada 2020 ketika ditunjuk menjadi Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau I). Dengan jabatan itu, Tri Bowo Budi berpangkat Marsekal Muda (Marsda) atau bintang 2. Setahun kemudian, ia dimutasi menjadi Wadankodiklatau, lalu digeser menjadi TA Pengajar Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lemhannas. Dalam keputusan mutasi terbaru, Tri Bowo Budi ditarik menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka persiapan pensiun.

2. Marsda TNI Andi Kustoro, SE, MM

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/DOK.TNI AU

Selanjutnya Marsekal Muda yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023 adalah Marsda TNI Andi Kustoro. Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II itu digeser menjadi Tenaga Ahli Pengajar Bidang Ilpengtek Lemhannas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)