Survei Poltracking: Elektabilitas Erick Thohir sebagai Cawapres Tertinggi di Jatim

Kamis, 12 Oktober 2023 - 00:20 WIB
loading...
Survei Poltracking: Elektabilitas Erick Thohir sebagai Cawapres Tertinggi di Jatim
Elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres unggul di Jawa Timur berdasarkan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) unggul di Jawa Timur berdasarkan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia. Menteri BUMN itu mengalahkan sejumlah nama tokoh lain yang identik dengan Jawa Timur.

Berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia, sebanyak 19,8% responden di Jawa Timur memilih Erick Thohir sebagai sosok yang paling sesuai untuk menjadi cawapres. Erick unggul dibandingkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD 15,2%; Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar 14,7%; dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 13,7%. Survei ini mencakup simulasi atas 11 nama cawapres yang potensial.

Selain itu, Erick Thohir mampu menyalip figur lain dengan selisih elektoral 4,6% dari Mahfud MD, melebihi Margin of Error survei yang mencapai 3,1%.



Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi mengatakan, perbedaan elektoral antara Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Khofifah Indar Parawansa berada di bawah margin of error, kecuali Erick Thohir. Bahkan dalam simulasi dengan 10 nama, Erick tetap menjadi pilihan teratas warga Jawa Timur.

Dalam simulasi ini, tidak termasuk nama Gibran Rakabuming Raka, yang belum memenuhi syarat usia untuk menjadi cawapres. Namun, jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengubah aturan tersebut, Gibran masih memiliki peluang.

"Dalam simulasi 10 nama, Erick memperoleh dukungan sebanyak 21,4% dari responden, diikuti oleh Mahfud MD (15,7%), Muhaimin Iskandar (14,8%), dan Khofifah Indar Parawansa (14,3%)," kata Arya dalam siaran persnya, Rabu (11/10/2023).

Arya Budi menyoroti tiga alasan yang menjelaskan keunggulan Erick Thohir dibandingkan dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Pertama, Khofifah belum secara terbuka mengungkapkan niatnya sebagai Cawapres, sehingga publik masih merasa ada ketidakpastian. Sementara itu, Erick telah mendapat banyak dukungan dan pemberitaan positif sebagai cawapres potensial.



Kedua, elektabilitas Erick Thohir tinggi di Jawa Timur karena sudah dikenal sebagai calon presiden yang potensial. Ketiga, Erick adalah figur yang komprehensif karena selain menjabat sebagai Menteri BUMN, dia juga memiliki peran penting dalam dunia sepak bola Indonesia, yang memiliki basis penggemar yang kuat di Jawa Timur.

"Ketiga faktor ini membuat Erick Thohir sangat relevan di mata masyarakat Jawa Timur," kata Arya Budi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)