Muhammadiyah Ajak Umat Islam Gelar Salat Gaib Doakan Rakyat Palestina

Rabu, 11 Oktober 2023 - 14:54 WIB
loading...
Muhammadiyah Ajak Umat Islam Gelar Salat Gaib Doakan Rakyat Palestina
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengajak umat Islam untuk menggelar Salat Gaib merespons ribuan orang meninggal akibat konflik Palestina-Israel beberapa waktu lalu. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Muhammadiyah mengajak umat Islam untuk menggelar Salat Gaib merespons ribuan orang meninggal akibat konflik Palestina-Israel beberapa waktu lalu. Muhammadiyah juga menyampaikan duka cita mendalam atas korban meninggal dan terluka dalam tragedi tersebut.

"Menyerukan kepada umat Islam untuk memanjatkan doa dan shalat ghaib bagi kaum muslimin yang menjadi korban perang. Serta memohon kepada Allah agar perang segera berakhir dan masyarakat dunia hidup damai dan sejahtera,"dikutip dalam pernyataan pers yang dibacakan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti di Jakarta, Rabu (11/10/2023).



Pada kesempatan itu, Abdul turut membacakan sejumlah pernyataan Pimpinan Pusat Muhammadiyah mencermati perkembangan perang Israel-Palestina yang menewaskan ribuan masyarakat sipil serta kerusakan dan dampak yang ditimbulkan.

Pihaknya pun mendesak kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera mengambil langkah-langkah politik dan diplomatik dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Khususnya Israel-Palestina untuk menghentikan perang, melakukan gencatan senjata, dan melakukan perundingan damai.

Serta menyerukan agar israel tidak memanfaatkan perang ini untuk terus melakukan aneksasi dan agresi terhadap wilayah dan bangsa Palestina demi tegaknya perdamaian di kawasan yang penuh gejolak tersebut.

"Semua pihak ikut serta menyelesaikan akar masalah dan menaati serta mengimplementasikan Resolusi Dewan Keamanan PBB sebagai solusi konflik Israel-Palestina," jelasnya.

Kemudian Muhammadiyah meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk lebih proaktif dan memperkuat langkah-langkah maju yang telah dilakukan selama ini dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui PBB, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan jalur-jalur lainnya.

Selanjutnya, mengimbau kepada semua pihak di Tanah Air untuk menyikapi perang Israel-Palestina dengan rasional dan arif. Serta tidak terprovokasi oleh berbagai informasi provokatif, hoaks, dan menyesatkan yang disampaikan oleh pihak-pihak tertentu.

"Yang memanfaatkan perang Israel-Palestina untuk kepentingan politik tertentu yang berpotensi menimbulkan masalah di dalam negeri," ucapnya.

Terakhir, Muhammadiyah juga menyampaikan dukungannya terhadap Palestina. Dimana Muhammadiyah, kata Abdul, akan mengirimkan bantuan dan relawan kemanusiaan di jalur Gaza Palestina.



"Muhammadiyah senantiasa mendukung perjuangan Palestina serta bersiap mengirimkan bantuan dan relawan kemanusiaan, aktif berkoordinasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang dapat dipercaya untuk membantu masyarakat sipil yang menjadi korban perang terutama anak-anak dan perempuan," tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)