Presiden Jokowi Groundbreaking Pembangunan Museum Muhammadiyah

Sabtu, 22 Juli 2017 - 20:58 WIB
Presiden Jokowi Groundbreaking Pembangunan Museum Muhammadiyah
Presiden Jokowi Groundbreaking Pembangunan Museum Muhammadiyah
A A A
YOGYAKARTA - Pembangunan Museum Muhammadiyah yang terletak di komplek kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta kampus 4 di Tamanan, Bantul, resmi dimulai Sabtu (22/7). Secara simbolis, pembangunan museum yang akan didanai APBN ini diawali dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir menjelaskan, Museum Muhammadiyah ini akan dibangun di atas lahan seluas satu hektar dengan tinggi bangunan empat lantai. Museum ini akan menjadi pusat informasi kepada public tentang sejarah, peran Muhammadiyah di semua bidang kehidupan. Baik dalam pendidikan, sosial, hingga peran ekonomi dan kebangsaan untuk peradaban dunia.

Menurutnya, museum juga merupakan sarana pengayaan di bidang pendidikan, hiburan, dan pariwisata. Persyarikatan Muhammadiyah memandang perlu mendirikan museum, karena banyak tokoh Muhammadiyah terlibat dalam pergerakan nasional di Indonesia.

“Pendirian Museum Muhammadiyah adalah sebagai pusat dokumentasi dan informasi sejarah gerakan Muhammadiyah, sebagai media pendidikan, dan sebagai media pariwisata,”jelas Haedar Nashir disela-sela peletakan batu pertama pembangunan Museum Muhammadiyah di kampus UAD, Yogyakarta, Sabtu (22/7/2017).

Museum Muhammadiyah yang terletak di Kota kelahiran Muhammadiyah ini akan menjadi “center of excellent” dari museum gerakan islam di Indonesi. Pendirian museum ini juga menjadi bagian dari pendokumentasian secara komprehensif sejarah dan hasil karya Muhammadiyah sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9812 seconds (0.1#10.140)