Sinergi TNI-Polri di Papua Diapresiasi, Diharapkan Bisa Wujudkan Perdamaian

Rabu, 11 Oktober 2023 - 11:11 WIB
loading...
Sinergi TNI-Polri di Papua Diapresiasi, Diharapkan Bisa Wujudkan Perdamaian
Sinergi antara TNI dan Polri mendapat apresiasi dari kalangan milenial. JIM Papua menilai, sinergitas TNI menjadi sinyal positif bagi kedamaian di Papua. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sinergi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mendapat apresiasi dari kalangan milenial. Jaringan Indonesia Muda (JIM) Papua menilai, sinergitas TNI menjadi sinyal positif bagi kedamaian di Papua.

Hal ini dikatakan olehKetua Umum JIM Papua, Paulinus Ohee, di sela-sela HUT TNI ke-78 di lapangan Silas Papare, Doyo, Kabupaten Jayapura,Kamis 5 Oktober 2023.

"TNI adalah mitra strategis dan ksatria pelindung rakyat diharapkan dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab menjadi yang terbaik," kata Paulinus Ohee dalam keterangannya, Rabu (11/10/2023).

Paulinus mengajak semua elemen masyarakat Papua agar bersatu untuk membangun Papua. Selain itu menyeru agar menghentikan aksi kekerasan bersenjata hanya karena perbedaan keyakinan.

"Kami berharap agar orang Papua tidak terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan," seru Paulinus.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyatakan, Polri dan TNI akan senantiasa menjaga sinergitas. Begitu juga berupaya kebersamaan demi menjaga kedamaian di Papua.

"Polisi dan TNI adalah pilar dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Irjen Pol Mathius D Fakhiri di Sentani.

Mathius menegaskan, Polri dan TNI tidak akan mundur mewujudkan keamanan di tanah Papua. Kapolda mengingatkan, agar kehadiran Polri dan TNI di masyarakat tidak dijadikan penyebab ketakutan.

Dia mengimbau agar keberadaan dua pilar NKRI ini menjadi teman. Agar dapat berkontribusi bagi menjaga kesinambungan antara pemerintah pusat dan daerah.

"Kita hadir di daerah-daerah di Papua untuk memberikan ketenteraman dan menjaga kedamaian bagi masyarakat di sana," ucap Mathius.

"Kedamaian) itu harus diupayakan bersama bukan hanya tugas Polri dan TNI saja tetapi semua yang ada di atas tanah Papua harus punya kerinduan yang sama menjadikan Papua tanah damai," tutup Mathius.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)