Kiai Said Aqil Siroj: Stop Perang Israel-Palestina

Selasa, 10 Oktober 2023 - 18:45 WIB
loading...
Kiai Said Aqil Siroj: Stop Perang Israel-Palestina
Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) KH Said Aqil Siroj menyerukan penghentian perang antara Israel dan Hamas yang mewakili Palestina. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) KH Said Aqil Siroj menyerukan penghentian perang antara Israel dan Hamas yang mewakili Palestina . Eskalasi konflik ini dikhawatirkan meluas dan meningkatkan ketidakstabilan baru di Timur Tengah.

"Stop war! lindungi warga sipil dan segera lakukan perundingan damai," kata Kiai Said Aqil dalam keterangan tertulis menanggapi eskalasi konflik antara faksi Hamas Palestina dan Israel telah menelan korban 1.600 orang tewas dan 6.434 orang terluka, yang sebagian besar warga sipil termasuk perempuan dan anak anak, Selasa (10/10/2023).

Sebagai Ketua Umum LPOI yang menaungi 14 ormas Islam dan Ketua Umum LPOK yang menaungi 6 ormas Keagamaan, Kiai Said menyerukan kepada semua pihak, terutama Hamas Palestina dan Israel serta kepada Komunitas Internasional segera mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri Peperangan. Hal ini penting agar eskalasi dan konflik tidak meluas, serta menghindari memburuknya stabilitas dan perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah.



"Segera temukan jalan keluar yang mendasar dari konflik dan ketegangan ini dengan menerapkan solusi kepada kedua negara. Segera wujudkan pembentukan negara Palestina merdeka," kata Kiai Said Aqil Siroj yang merupakan alumnus Universitas Ummul Qura Arab Saudi dan penggagas Islam Nusantara untuk Perdamaian Dunia.

LPOI dan LPOK mendesak kepada PBB dan komunitas internasional segera mengambil inisiatif perundingan dan jalan damai serta segera menemukan kunci perdamaian abadi antara Palestina dan Israel. Kepada pemerintah Indonesia diminta membentuk dan mengutus Duta Perdamaian Khusus untuk menjalankan misi perdamaian atas konflik Palestina dan Israel.

"Kepada Pemerintah Indonesia, kami mendesakkan sikap untuk segera melakukan langkah langkah konkret secara diplomatis dan kemanusiaan, demi dan untuk atas nama keadilan serta perdamaian abadi di Timur Tengah. Secarakhusus kami mendesak pemerintah Indonesia untuk terlibat lebih aktif lagi dalam mewujudkan misi perdamaian konflik Palestina vs Israel, khususnya dengan membentuk dan mengutus Duta Khusus Perdamaian," kata Kiai Said.



Hal itu sesuai amanat Pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan bangsa, Indonesia berkomitmen untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

"Dua hal tersebut adalah misi suci yang harus segera dijalankan," kata Kiai Said yang merupakan mantan Ketua Umum PBNU dua periode ini.

Pengasuh Pesantren Al Tsaqofah, Asli Cirebon, Jawa Barat ini juga menyerukan kepada semua umat beragama, khususnya muslimin memanjatkan doa perdamaian dan keselamatan dunia untuk terwujudnya kehidupan dunia yang damai Sentosa.

"Karena usaha Islah Baina al Mutakhosimain (mendamaikan dua pihak yang berkonflik) baik melalui ikhtiar doa maupun ikhtiar lainnya adalah perintah semua agama dan jariyah sekaligus berpahala Besar," kata Kiai Said Aqil Siroj.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)