Punya Kedekatan Emosional, Erick Thohir Dapat Dorongan Kuat Kiai NU Maju Cawapres

Selasa, 10 Oktober 2023 - 16:50 WIB
loading...
Punya Kedekatan Emosional, Erick Thohir Dapat Dorongan Kuat Kiai NU Maju Cawapres
Dorongan besar kiai NU kepada Menteri BUMN Erick Thohir makin membuka peluang maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Dorongan besar kiai Nahdlatul Ulama (NU) pada Menteri BUMN Erick Thohir makin membukakan peluang maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Erick Thohir mempunyai kedekatan emosional pada basis pemilih NU.

Pengamat Politik Suropati Syndicate Muhammad Shujahri mengatakan, komunikasi sangat positif dihadirkan Menteri BUMN Erick Thohir dengan kalangan NU. Latar belakang Erick Thohir sebagai kader NU makin mendorong hadirnya gelombang dukungan kuat khususnya dari kalangan para kiai. "Ini membuktikan bahwa memang ada kedekatan emosional antara NU dan Erick Thohir," kata Shujahri, Selasa (10/10/2023).

Kondisi ini semakin tampak terlihat pada hasil survei Indikator Politik Indonesia khusus di Jawa Timur yang dilakukan pada periode 14 - 20 September 2023. Erick Thohir sosok yang unggul pada basis pemilih NU. Erick Thohir berada di posisi puncak teratas dengan elektabilitas sebesar 24,7%. Disusul kemudian Khofifah Indar Parawansa 24,4% kemudian Ridwan Kamil 15,8%.



Dia menambahkan, capaian tinggi elektabilitas tersebut menjadi wujud kedekatan erat Erick Thohir dengan organisasi Islam terbesar di Tanah Air tersebut. Maka itu tidak heran, sosok Erick Thohir begitu mudah diterima pada semua lapisan NU khususnya para kiai.

Lebih dari itu, dia menyebut, NU sejatinya sudah melekat dengan Erick Thohir sedari kecil. Hal ini tentunya semakin menambahkan keyakinan Nahdliyin untuk solid mendukung Erick Thohir maju sebagai cawapres. “Jadi wajar karena NU sudah melekat pada diri Pak Erick sejak kecil," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, Erick Thohir telah melakukan safari ke sejumah pondok pesantren di wilayah Jawa Timur. Erick Thohir bahkan menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan pendiri NU KH Hasyim Asy'ari beberapa waktu lalu.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)